HUT AcehEkspres.com ke 3

143 Kafilah Ikuti MTQ ke 35 Jangka Bireuen

143 Kafilah Ikuti MTQ ke 35 Jangka BireuenRahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Camat Jangka Alfian,S.Sos menyampaikan arahannya saat buka MTQ ke 35 Kecamatan Jangka, di Gedung Serbaguna, Jumat malam, 2 April 2021.

BIREUEN, AcehEskpres.com - Sebanyak 143 kafilah dari lima kemukiman antusias mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 35 Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen di Gedung Serba Guna setempat, Jumat malam, 2 April 2021.

Hadir Forkopimcam, Sekcam, para Imum Mukim, Keuchik dan peserta MTQ ke 35 Kecamatan Jangka 143 kafilah dari lima kemukiman di Jangka.

Camat Jangka, Alfian, S.Sos mengatakan, dirinya berharap MTQ ini bukan hanya untuk pemenuhan syiar islam saja.

Tetapi dapat menjadi barometer dalam pembinaan Al-Quran serta menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang nyata.

Apalagi Kabupaten Bireuen juga sudah ditetapkan sebagai Kota Santri pada Hari Santri Nasional ke 6 tingkat Provinsi Aceh, 22 Oktober 2020. 

"Saya mengharapkan seluruh peserta agar dapat mengikuti MTQ ini dengan sebaik-baiknya dan kepada dewan hakim supaya dapat memberikan nilai terbaik kepada peserta yang terbaik," imbuh Camat.

Selain itu juga mengharapkan peserta yang mendapat juara nantinya agar terus bersemangat dan mengasah kemampuan untuk dapat bersaing, dalam MTQ ke 35 tingkat Kabupaten Bireuen, Aceh dan Nasional.

Camat berterimakasih dan apresiasi bagi panitia, imum mukim, keuchik dan seluruh lapisan masyarakat yang turut berpartisipasi dan begitu kompak dalam menyukseskan MTQ ke 35 tingkat Kecamatan Jangka mulai, Jumat-Sabtu, 2 s/d 3 April 2021.

Ketua panitia pelaksana MTQ, Munawir kepada AcehEkspres.com menjelaskan, MTQ ke 35 Kecamatan Jangka, diikuti 143 peserta dari Kemukiman Ulee Kuta 28 kafilah, Kemukiman Bugak 29 kafilah, Kemukiman Banjar Asin 40 kafilah, dan Kemukiman Lamkuta 17 kafilah, Kemukiman Jangka 29 kafilah.

Mereka mengikuti 19 cabang perlombaan MTQ yaitu tartil tingkat kanak-kanak putra - putri, tilawah quran kanak-kanak putra - putri, tilawah quran remaja putra - putri, dan tilawah quran dewasa putra - putri.

Selanjutnya cabang hifdhil quran 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra - putri, fahmil quran putra - putri, syahril quran putra - putri, naskah penulisan buku putra - putri, hiasan mushaf putra - putri, dekorasi kontemporer putra - putri.

Juga cabang qiraah sab'ah mujawab tingkat remaja putra - putri, qiraah sab'ah tingkat dewasa, qiraah sab'ah tingkat remaja dan qiraah sab'ah muratta dewasa, rinci ketua panitia Munawir juga sebagai Keuchik Lamkuta.[]