2 Rumah Hangus Terbakar, 3 Rusak Ringan di Bireuen

2 Rumah Hangus Terbakar, 3 Rusak Ringan di BireuenRahmat Hidayat/AcehEkspres.com
Petugas pemadam sedang menyiram kobaran api membakar rumah panggung di Gampong Lancok-Lancok, Kecamatan Kuala Bireuen, Jumat siang, 14 Mei 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Sebanyak dua unit rumah di Kecamatan Kuala, dan Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen terbakar, Jumat siang, 14 Mei 2021.

Kabakaran di dua lokasi yang berbeda ini masing-masing di Gampong Lancok-Lancok, Kecamatan Kuala, dan Tanjong Raya, Kecamatan Gandapura, Bireuen.

Dua rumah tersebut hangus total dan tiga mengalami rusak ringan akibat imbas dari kebakaran tersebut.

Informasi dihimpun AcehEkspres.com dilokasi, kebakaran pertama di Dusun Beuringen, Gampong Lancok-Lancok, Kecamatan Kuala, rumah panggung beratap seng, milik keluarga M Danil,35, wiraswasta.

Akibat kejadian itu, rumah utama kontruksi permanen milik M Danil,35, dekat TKP, terbakar dan rusak bagian atap, terkena rambatan api. Juga milik M Nur Alamsyah,56, dan Mardani A Jalil, 40, dekat TKP terbakar ringan terpaksa dirusak warga, untuk memutuskan rambatan api.

Tidak ada korban jiwa saat terjadi kebakaran itu, cepatnya bantuan warga membantu penanganan, disusul tiga mobil armada pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Bireuen, kobaran api dapat dipadamkan, namun rumah panggung tidak dapat selamatkan.

M Danil ditanyai AcehEkspres.com di TKP mengatakan, dia tidak mengetahui persis awal terjadi kebakaran, saat itu dia dalam perjalanan pulang memperbaiki sepeda motornya dari bengkel, tidak jauh hampir sampai ke rumah dilihat ada kepulan asap.

“Setibanya dirumah sudah ramai warga dan kondisi rumah panggung milik keluarga sudah terbakar,” ujarnya,

Akibat kebakaran itu kondisi rumah permanen milik M Danil ditempati bersama anggota keluarga dekat lokasi terbakar dan rusak bagian atap. 

Mardani A Jalil,40, ditanyai dilokasi juga mengatakan, saat kejadian itu kondisi dapur kontruksi kayu dan beratap daun rumbia miliknya ikut terbakar bagian ujung belakang. Untuk memutuskan kobaran api bersama warga merubuhkan dapur, agar tidak merambat ke rumahnya dan disekitar lokasi banyak rumah warga lainnya.

Sementara Royan Suhaimi,30, warga di TKP juga mengatakan, sumber api belum diketahui, saat itu dia lagi berada dirumah neneknya dipinggir jalan dekat TKP, tiba-tiba mendengar terjadi kebakaran.

Diapun bersama warga lari kelokasi, dilihat kondisi api sudah membesar membakar rumah panggung itu. Secepatnya Royan minta bantuan kepada Putra supir mobil pemadam Pemkab Bireuen.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bireuen, Teguh Mandiri Putra, SSTP dilokasi mengatakan, berdasarkan informasi dari Royan, ia langlung kerahkan tiga mobil pemadam ke TKP, untuk sumber api belum diketahui pasti.

Satu Rumah Terbakar di Tanjung Raya

Kebakaran juga mengakibatkan satu unit rumah panggung miliknya M Harun,75, warga Dusun Tanjong Cut, Gampong Tanjong Raya, Kecamatan Gandapura, Bireuen, habis terbakar, Jumat siang 14 Mei 2021.

M Harun didampingi warga ditanyai di TKP mengatakan, saat itu dirinya bersama istri dan anaknya berada dirumah, karena sedang sakit ia lagi istirahat dikamar.

Tiba-tiba terdengar suara letupan dari meteran listrik berada didepan rumah panggung, diduga akibat korsleting listrik dan kemudian terjadi kebakaran. Akibat musibah tersebut kondisi rumahnya habis terbakar, tinggal sebagian di bagian belakang.

Sementara supir pemadam pos pembantu Kutablang Taufik Hidayat ditanyai di TKP mengatakan, saat menerima informasi kebakaran, dua mobil pemadam langsung dikerahkan ke TKP. Namun rumah korban tidak dapat diselamatkan lagi.

Keuchik Tanjung Raya Fadli,40, juga ditanyai dilokasi mengatakan, penyebab kebakaran diduga akibat korslet listrik. Diharap kepada Pemkab Bireuen melalui dinas terkait segera membantu tenda darurat untuk tempat tinggal sementara korban dan anggota keluarganya.[]

Editor: