HUT AcehEkspres.com ke 3

36 Imigran Rohingya Lhokseumawe Dipindahkan ke Medan

36 Imigran Rohingya Lhokseumawe Dipindahkan ke MedanFoto: detikcom
Sebanyak 36 imigran Rohingya di Aceh dipindahkan ke Medan, Sumut, Jumat, 26 Maret 2021.

LHOKSEUMAWE - Sebanyak 36 orang imigran Rohingya yang berada di Lhokseumawe, dipindahkan ke Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pemindahan dilakukan untuk memberikan perlindungan yang layak terhadap pengungsi. Mereka tiba di Medan pada Jumat pagi, 26 Maret 2021.

Mereka ditempatkan di sebuah lokasi di Jalan Ikahi I, Kecamatan Medan Selayang, Medan.

"Yang kita pindahkan dari Lhokseumawe ke Medan ini ada 36 orang, terdiri atas 20 orang laki-laki dan 16 perempuan," kata Programme Coordinator International Organization for Migration (IOM), Sonya Syafitri, saat dimintai konfirmasi, Jumat, 26 Maret 2021.

Sonya menuturkan pemindahan tersebut merupakan bagian dari program perlindungan terhadap para pengungsi untuk mendapat tempat tinggal lebih layak. Pemindahan ini pun merupakan keputusan pemerintah untuk membawa mereka ke tempat yang sudah mempunyai program penanganan pengungsi.

"Pemindahan mereka ini adalah bagian program untuk lebih memberikan perlindungan kepada pengungsi dan tempat tinggal yang lebih layak dan memberikan kebutuhan basic yang lebih layak.

Ini keputusan pemerintah untuk membawa mereka ke tempat-tempat yang sudah mempunyai program penanganan pengungsi lintas batas yang terstruktur," ujar Sonya.

Menurut Sonya, 36 pengungsi ini merupakan kelompok rentan. Dengan itu, pihaknya terlebih dahulu memindahkan mereka ke tempat layak.

"(Sebanyak) 36 ini adalah sebagian dari kelompok rentan yang dipindahkan terlebih dahulu, anak-anak yang tidak ada orang tuanya mereka ditemani oleh pengasuh, ibu hamil beserta keluarganya,

perempuan yang tidak ada suami di sini disertai anak-anak, pengungsi yang memiliki penyakit kronis kita bawa supaya dapat fasilitas kesehatan yang lebih memadai di sini. Terakhir perempuan berisiko tinggi mengalami kekerasan berbasis gender," sebut Sonya.

Dia mengatakan sebelum dibawa ke Medan, para pengungsi Rohingya ini harus melalui rangkaian tes kesehatan dan tes COVID-19. "Alhamdulillah semua terdeteksi nonreaktif. Di Medan ini kita kerja sama dengan Imigrasi dan Kesbangpol," ujar Sonya.

Selanjutnya, sebanyak 56 pengungsi Rohingya yang masih tinggal di Lhokseumawe ini akan dipindahkan secara bertahap.

Sebelumnya, para imigran Rohingya ini terdampar di perairan Aceh. Mereka diselamatkan oleh nelayan. Kemudian, mereka dibawa ke tempat penampungan di Lhokseumawe.[]

Sumber:detikcom