HUT AcehEkspres.com ke 3

Abrasi Sungai Krueng Nagan Ancam Gampong Kuta Padang dan Cot Kuta

Abrasi Sungai Krueng Nagan Ancam Gampong Kuta Padang dan Cot KutaFoto: Istimewa

SUKA MAKMUE, AcehEkspres.com - Abrasi sungai Krueng Nagan mengancam warga Gampong Kuta Padang dan Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Pasalnya Abrasi sungai Krueng Nagan sudah mendekati perkampungan penduduk dan berpotensi membahayakan warga sekitar apalagi sekarang debit air sungai meningkat karena curah hujan yang tinggi di wilayah Nagan Raya.

Pantauanwartawan, kini jarak bibir sungai dengan perkampungan penduduk hanya berkisar 50 meter, dan hal ini membuat was-was warga Gampong Kuta Padang dan Cot Kuta.

Keuchik Kuta Padang, Kalamuddin mengatakan, abrasi ini sudah berlangsung sekitar 1 tahun lalu sejak Nagan Raya diguyur hujan deras dan sekarang semakin parah yang mengakibatkan debit air Krueng Nagan meningkat.

“Abrasi telah merusak perkebunan dan perkarangan warga Kuta Padang dan Cot Kuta yang berada di bibir sungai Krueng Nagan,” kata Keuchik Kamis, 1 April 2021.

Menurutnya, akibat abrasi tercatat 5 hektar tanaman kepala sawit milik Hasrarudin,58, dan ladang palawija milik Hasan Jauhari,60, terkena dampak abrasi

"Kami berharap kepada pemerintah agar secepatnya merealisasikan bantuan untuk pengalihan sungai Krueng Nagan dan secepatnya penanggulangan abrasi yang terjadi digampong kami, karena bila dibiarkan akan merengut perkampungan warga," arap Kalamuddin.[]