HUT AcehEkspres.com ke 3

Bela Diterima Kerja Syaratnya Adalah Lepas Hijab, Aku Nolak

Bela Diterima Kerja Syaratnya Adalah Lepas Hijab, Aku Nolak
Berdit Zanzabela peserta audisi Sunsilk Hijab Hunt Makassar. [Foto detikcom]

MAKASSAR, ACEHEKSPRES.COM- Meski banyak yang bilang bahwa hijab bukanlah halangan untuk berkarier, nyatanya masih ada bidang pekerjaan yang kurang terbuka dengan wanita menggunakan hijab. Pengalaman ditolak bekerja karena berhijab kerap dialami oleh hijabers bernama Berdit Zanzabela.

Wanita yang kerap disapa Bela itu saat ini freelance sebagai MC, mengajar public speaking dan pembawa berita. Namun untuk menjadi pembawa acara berita ternyata Bela menemui kendala. Tak jarang dari produser memintanya untuk lepas hijab. Bela pun bertutur tentang #ceritahijab yang ia alami.

"Aku sering freelance di TV lokal, tapi nggak pernah bisa untuk jadi news anchor di studio. Sering diminta jadi news anchor tapi syaratnya adalah lepas hijab. Aku nolak," ceritanya saat audisi Sunsilk Hijab Hunt 2018 di Trans Studio Mall Makasar, Sabtu 5 Mei 2018.

Bela mengaku memendam kekecewaan karena hingga kini cita-cita sebagai pembawa berita atau news anchor belum bisa terpenuhi karena wanita 24 tahun itu berhijab. Padahal menjadi news anchor sudah jadi cita-citanya sejak kecil.

Berdit Zanzabela peserta audisi Sunsilk Hijab Hunt Makassar. [Foto detikcom]

"News anchor padahal cita-citaku jadi kecil. Secara idealis aku ingin mendobrak paradigma tersebut tapi aku juga nggak mau terlalu frontal karena pasti stasiun TV punya alasan khusus. Dari sepengetahuan aku karena news terkait dengan kenetralan yang tidak ingin berbau agama," kata wanita yang saat ini tengah menempuh pendidikan S2 jurusan Media Communications di Universitas Airlangga Surabaya itu.

"Lewat Sunsilk Hijab Hunt aku berharap suaraku bisa didengar soal masalah ini karena masih cukup banyak diskriminasi dengan wanita berhijab. Hijab bukanlah sebuah uniform (seragam). Mungkin tidak langsung mengubah paradigma tapi setidaknya aku bisa menyuarakan," tambah Bela.

Dalam audisi Sunsilk Hijab Hunt 2018 di Makassar, Bela menampilkan bakat membawakan berita. Bela sendiri sebenarnya bukan asli Makassar. Ia terbang dari Surabaya demi mengikuti audisi di Makassar.

"Aku nggak sempat ikut audisi Sunsilk Hijab Hunt di Surabaya karena ada pekerjaan off air. Demi ikut ajang ini aku jauh-jauh ke Makassar," tutupnya. [detik/red]