HUT AcehEkspres.com ke 3

Bupati Bireuen Tampung Warga Rohingya yang Terdampar

Bupati Bireuen Tampung Warga Rohingya yang Terdampar
76 orang rohingnya mencari suaka terdampar di kawasan Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Jumat 20 April 2018.(Ist)

BIREUEN, ACEHEKSPRES.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menampung untuk sementara seluruh warga Rohingya asal Myamar yang terdampar di kawasan Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Jumat 20 April 2018.

Bupati Bireuen Saifannur mengatakan, untuk sementara ini, kita wajib membantu semampunya, terutama penyediaan makanan dan kebutuhan lain. Apabila ada masyarakat Bireuen yang ingin memberikan bantuan dan menyumbang, kita persilahkan.

Kata Bupati, mereka untuk sementara ini akan ditempatkan di kompleks SKB, sampai menunggu keputusan dan kedatangan pihak-pihak yang biasa menangani masalah pengungsi.

“Ini kita lakukan demi kemanusiaan, oleh karena itu, Pemkab Bireuen membantu penanganan sementara para pengungsi Rohingya asal Myamar, sambil menunggu pihak Imigrasi, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan dan The International Organization for Migration (IOM),” kata Bupati Bireuen Saifannur.

Sebelumnya di beritakan, satu kapal perahu bermuatan 76 orang rohingnya mencari suaka terdampar di kawasan Pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Jumat 20 April 2018.

Orang asal Myamar itu ditemukan oleh Nelayan Bireuen setelah kapal perahu yang ditumpanginya terdampar di daerah itu pukul 14:00 WIB.

Kordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bireuen, Hidayat mengatakan, kapal perahu tersebut membawa 76 orang pengungsi Rohingya diantaranya 25 perempuan, 43 orang laki-laki dan delapan orang anak-anak.

“Mereka ditemukan oleh nelayan, lalu digiring ke darat untuk diselamatkan,” kata Hidayat.

Kata Hidayat Kondisi saat ini, ada lima orang yang sedang sakit, di antaranya tiga laki-laki dan dua perempuan. “Kita sudah menangganinya dan terus kita dampingi,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto membenarkan adanya pengungsi Rohingnya yang terdampar di pesisir Bireuen.

“Betul, mereka saat ini di pantai Kuala Raja, ini saya mau cek kelokasi,” ujarnya.(Goaceh.co/Fhz/red)