Bupati M Jamin Idham Raih WTP ke-13 Kali

Bupati M Jamin Idham Raih WTP ke-13 KaliFoto: Prokopim Nagan Raya
Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE didampingi Ketua DPRK Nagan Raya Jonniadi,SE menerima WTP ke 13 kali dari Kepala BPK RI Perwakilan Aceh, Arif Agus, SE. MM. Ak. CPA di kantor BPK di Banda Aceh, Jumat, 30 April 2021.

SUKA MAKMUE, AcehEkspres.com - Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  ke-13 di kantor BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Jumat, 30 April 2021.

WTP diterima Bupati M Jamin Idham atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. WTP tersebut sudah diraih Pemerintah Kabupaten Nagan Raya 13 kali secara berturut-turut.

Penerimaan WTP diserahkann langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Aceh, Arif Agus, SE. MM. Ak. CPA kepada Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE

Hadir Ketua DPRK Jonniadi, SE, Sekda Ir H Ardimartha, Asisten Administrasi Umum, Drs. Mahdali, Kepala BPKD Ali Munir, SE.Ak.,MM, Inspektur Inspektorat, Ika Suhanas Adlim, Sekwan Tantawi Usman dan Prokopim Setdakab Nagan Raya.

Kepala BPK RI Perwakilan Aceh, Arif Agus menyampaikan, bahwa pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran LKPD Kabupaten Nagan Raya. 

"Opini WTP ini diberikan dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Arif Agus

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham,SE menyampaikan terima kasih terhadap predikat Opini WTP yang diserahkan oleh BPK RI Perwakilan Aceh atas LKPD tahun 2020 yang ke 13 kalinya.

"Keberhasilan ini merupakan wujud nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Nagan Raya sudah melaksanakan pengelolaan keuangan daerah secara baik, terbuka, bersih dan efisien,

sesuai perundang-udangan yang berlaku, meski dalam suasana pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah daerah beberapa kali melakukan perubahan anggaran (refocusing)," kata Bupati usai menerima penghargaan tersebut.

Dengan prestasi ini, Pemkab bertekad akan terus berupaya meningkatkan tatakelola keuangan daerah secara terbuka, efektif dan efisien serta menghindari adanya tindak pidana korupsi dalam penggunaan anggaran Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

Kabupaten Nagan Raya, kata M Jamin Idham telah menerima predikat opini WTP yang ke-13 kali secara bertutut-turat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Aceh.

“Pemkab Nagan Raya menerima WTP setiap tahun sejak tahun 2008 hinga tahun 2020, keberhasilan itu merupakan kerja keras para Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Nagan Raya dalam mengelola keuangan daerah yang baik,” kata M Jamin Idham.

Oleh karena itu, Bupati meminta kepada Kepala SKPK dan PNS/ASN jajaran Pemkab Nagan Raya untuk kerja keras dalam hal mengelola keuangan daerah yang baik, dengan harapan predikat opini WTP bisa untuk dipertahankan pada tahun selanjutnya.

Atas menerima opini WTP yang ke 13 ini merupakan partisipasi Masyarakat Nagan Raya dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah yang baik, sehingga Pemkab Nagan Raya mampu meraih opini WTP yang ke 13 kalinya.

Bupati meminta kepada SKPK Nagan Raya untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga predikat opini WTP tersebut dapat dipertahankan untuk tahun selanjutnya, supaya dapat menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik.

“Keberhasilan Pemkab Nagan Raya dalam meraih pridikat Opini WTP ke 13 kali ini merupakan keberhasilan semua masyarakat Nagan Raya. Karena, selama ini masyarakat Nagan Raya mendukung serta mengawasi  Pemerintah Daerah dalam penggunaan dan pengelolaan keuangan daerah yang berbasis akuntabel dan kredibel,” kata Bupati M Jamin Idham

Dalam meraih pridikat opini WTP ke 13 kali ini dapat bersyukur terhadap Allah SWT. Karena, sampai saat ini Kabupaten Nagan Raya masih bisa memperthankan WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh, semoga kabupaten Nagan Raya menuju daerah yang selalu dalam ridha Allah SWT.

Senjutnya, Bupati memberikan apresiasi terhadap DPRK Nagan Raya yang telah melakukan kerja sama yang baik dalam proses penganggaran daerah serta dalam pengawasan berbagai aspek, sehingga dengan usia Kabupaten ke-19 tahun

dan mampu melahirkan Opini WTP sebanyak 13 kali secara berturut turut sejak tahun 2008, dan ini merupakan penghargaan yang luar biasa dan patut untuk dilanjutkan untuk tahun selanjutnya.[]