HUT AcehEkspres.com ke 3

Bupati Muzakkar Jabat Ketua PD IPHI Bireuen

Bupati Muzakkar Jabat Ketua PD IPHI Bireuen[Foto/Istimewa]
Suasana pelantikan pengurus PD IPHI Bireuen oleh Ketua PW IPHI Provinsi Aceh, Dr H Bustami Usman SH SAP MSi, Sabtu pagi, 20 Maret 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi resmi menjabat sebagai Ketua PD IPHI Bireuen setelah dilantik oleh Ketua PW IPHI Aceh, Dr H Bustami Usman SH SAP MSi di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Sabtu pagi, 20 Maret 2021.

Selain bupati, juga sejumlah pejabat terkait lainnya ikut masuk dalam struktur Pimpinan Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD-IPHI) Bireuen periode 2020 - 2024.

Ketua PW IPHI Aceh, Bustami Usman, mengharapkan pengurus PD IPHI Kabupaten Bireuen agar dapat menyusun program kerja dalam upaya untuk mengembangkan kemajuan IPHI Bireuen.

Seperti melaksanakan pembinaan paska haji sehingga setelah selesai menunaikan ibadah haji, perilaku sehari-sehari tidak kembali seperti biasa, tetapi benar-benar mencerminkan seorang haji dan hajjah. 

Bustami Usman juga mengharapkan agar IPHI di Bireuen ke depan, sudah memiliki kantor sendiri mendukung berbagai progam kegiatan yang dilaksanakan nantinya.

“Disaat bulan suci Ramadhan 1442 hijriah dapat melaksanakan kegiatan sosial seperti buka puasa bersama dan memberikan bantuan bagi anak yatim dan ibu-ibu juga di PD IPHI Bireuen lebih kreatif,” kata Ketua PW IPHI Aceh.

Sementara itu, Bupati Bireuen Muzakkar mengucapkan terimakasih telah dilantik dirinya sebagai Ketua PD IPHI Bireuen untuk periode 2020-2024.

Dijelaskannya, paska pelantikan tentu akan duduk gelar rapat dengan pengurus, untuk menyusun program kerja terkait kepentingan agama khususnya bidang haji seperti pendidikan muatan pemahaman tentang haji. 

Juga kegiatan sosial untuk membantu anak yatim dan kaum duafa, jika setuju nanti membuka rekening menampung sumbangan jamaah haji yang akan di gunakan untuk membangun 2 sampai 3 unit/tahun diberikan bagi kaum duafa.

Dirinya berharap PD IPHI Bireuen ikut berperan dalam upaya mengembangkan destinasi kunjungan religi di Makam Habib Bugak di Dusun Pante Sidom, Gampong Pante Peusangan, Kecamatan Jangka Bireuen.

Sekarang mulai dikunjungi masyarakat dari kabupaten/kota dan baru-baru ini datang dari Pidie dan sebelumnya dari Langsa. Artinya jika mampu kemas lokasi itu menjadi destinasi kunjungan religi, banyak orang akan datang ziarah ke makam.

"Tentu butuh sarana dan prasarana, yang nantinya akan menjadi pusat ekonomi bagi industri kecil masyarakat, dan kita juga memasukkan dalam buklet IPHI Bireuen mengajak jemaah haji agar berkunjung ke makam Habib Bugak," kata Muzakkar.

Oleh karena itu pengurus PD IPHI Bireuen dapat berkunjung guna melihat kebutuhan, dan untuk menuju ke lokasi makam yang sangat dibutuhkan sekali adalah jalannya, tahun lalu telah dianggarkan, dampak COVID-19 belum terealisasi, tahun depan diupayakan dapat dibangun dan diaspal.

Terkait hal ini, Ketua PD IPHI Bireuen Muzakkar juga berharap adanya peran IPHI Kecamatan Jangka dan diharap agar dapat disusun siapa saja menjadi pengurusnya dan akan kukuhkan.

"Saya harapkan IPHI Kecamatan Jangka dapat menjadi mediator yang memberikan informasi kepada Pemkab Bireuen, untuk pembenahan makam Habib Bugak, telah dilakukan sebelumnya oleh Kodim 0111 Bireuen," kata Muzakkar.

Terkait kantor PD IPHI Bireuen, kata Muzakkar, mana tau ada pengurus IPHI ingin mewakaf tanah sangat membantu. "Saya janji masukkan anggaran bangun kantor, mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayahnya dalam usaha kita semua untuk mengembangkan IPHI Bireuen," kata Muzakkar

Ketua panitia pelaksana Drs H Jailani M Yusuf MM, mengatakan, acara pelantikan dirangkai pengajian haji sepanjang hayat oleh Tgk H Hasanoel Bashri akrab disapa Abu Mudi Samalanga dan salat zhuhur berjamaah.

Sementara itu, Sekretaris PD IPHI Bireuen, H Jufliwan SH MM mengatakan, susunan pengurus PD IPHI Bireuen yaitu pimpinan harian, Ketua Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, wakil ketua I Tgk H M Yusuf Ibrahim SH, wakil ketua II H Bahami A Rany SH, wakil ketua III H Zainuddin Daud.

Sekretaris H Jufliwan SH MM, wakil sekretaris I Drs H Mukhlis AR, wakil sekretaris II H Abu Bakar Kasem SE, wakil sekretaris III Drs H Hasbi Abdullah. Bendahara H Zamri SE, wakil bendahara I H Mukhlis AMd, wakil bendahara II H Jamaluddin H A Gani, juga dilengkapi oleh sejumlah seksi-seksi.[]