HUT AcehEkspres.com ke 3

Bupati Nagan Raya Harapkan Bursa Inovasi Desa Menjadi Ide Pembangunan

Bupati Nagan Raya Harapkan Bursa Inovasi Desa Menjadi Ide Pembangunan
Sekda TR Johari,SE saat pergelaran Bursa Inovasi Desa Cluster II yang dilaksanakan di Ujong Patihah, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Selasa, 17 September 2019. (ISTIMEWA)

Bupati Nagan Raya Harapkan Bursa Inovasi Desa Menjadi Ide Pembangunan

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Bupati Nagan Raya H. M. Jamin Idham,SE diwakili Sekda TR Johari,SE berharap bursa Inovasi Desa memberikan inspirasi dan ide untuk membangun setiap Desa di Kabupaten Nagan Raya guna mendukung visi misi Pemkab Nagan Raya dalam mengentaskan kemiskinan.

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan dalam pergelaran Bursa Inovasi Desa Cluster II yang dilaksanakan di Ujong Patihah, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Selasa, 17 September 2019.

“Perlu ditekankan bahwa bursa inovasi desa merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa serta sebagai ajang pertukaran, jual-beli, cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa,” kata Sekda

Tak hanya itu Sekda TR Johari juga mengatakan program Bursa Inovasi Desa merupakan salah satu wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas masyarakat dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk perencanaan pembangunan Desa menjadi lebih mandiri.

“Pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas rakyat, kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing. produktifitas warga gampong serta kemandirian ekonomi ini nantinya akan mampu mengantarkan gampong-gampong keluar dari garis kemiskinan,”lanjutnya.

TR Johari  juga meminta kepada para Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Pendamping Desa untuk terus mengawal serta memberikan masukan mengenai program inovasi pembangunan Desa agar nantinya dapat dianggarkan pada Tahun 2020.

“Keberhasilan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Cluster II ini salah satunya terlihat dari semakin banyak kegiatan-kegiatan inovasi yang dijadikan komitmen yang selanjutkan ditiru digampong masing masing dan dimasukkan dalam apbg tahun 2020,”demikian ujarnya.

Dalam kegiatan itu turut menampilkan foto dokumentasi hasil dari beberapa program pembangunan Desa yang telah sukses dilaksanakan di Indonesia guna menjadi contoh untuk program pembangunan Desa di Nagan Raya.

Selain itu acara itu turut dihadiri para pimpinan dan anggota DPRK nagan raya unsur Forkopimda, Pejabat DPMGP4, ketua MPU,  para kepala SKPK,para Camat.[]