Bupati Simeulue Serahkan Pengelolaan Pelabuhan Sinabang ke Gubernur

Bupati Simeulue Serahkan Pengelolaan Pelabuhan Sinabang ke GubernurFoto: Humas Pemerintah Aceh
Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Kadis Perhuhungan Aceh, Junaidi, menerima dokumen pengelolaan aset Pelabuhan Penyeberangan Sinabang yang diserahkan Oleh Bupati Simeulue Erli Hasim, di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis, 27 Mei 2021.

BANDA ACEH, AcehEkspres.com - Bupati Simeulue, Erli Hasim menyerahkan dokumen pengelolaan aset Pelabuhan Penyeberangan Sinabang kepada Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kamis, 27 Mei 2021.

Proses serah-terima yang berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh itu turut disaksikan Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi serta sejumlah pejabat Pemkab Simeulue.

“Izinkan kami hari ini menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Penyeberangan Sinabang kepada Pemerintah Aceh,” ujar Erli dalam pertemuan yang berlangsung di ruang tengah Meuligoe.

Gubernur Nova dalam pertemuan itu menyampaikan terima kasih atas penyerahan pengelolaan aset pelabuhan tersebut. Hal tersebut kata Gubernur telah sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Kita telah menjalankan perintah undang-undang, bahwa pengelolaan pelabuhan penyeberangan yang melayani lintasan antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi,” ujar Gubernur.

Sementara Bupati Erli dalam penjelasannya juga menyampaikan terima kasih atas berbagai pembangunan yang sedang dilakukan di kabupaten itu.

Menurut Erli, sebagai daerah kepulauan, Simeulue sangat membutuhkan dukungan pemerintah provinsi dalam menjamin konektivitas wilayah. Sehingga pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, dan perekonomian kawasan itu dapat terus berkembang.

Erli menjelaskan, Kabupaten Simeulue sebagai salah satu wilayah kepulauan di Aceh, sangat bergantung pada konektivitas transportasi untuk memperlancar distribusi logistik dan mobilitas masyarakat dari wilayah daratan menuju kepulauan.[]