Damkar Bireuen Selamatkan Dapur Rumah Warga dari Kabakaran

Damkar Bireuen Selamatkan Dapur Rumah Warga dari KabakaranRahmat Hidayat/AcehEkspres.com
Warga melihat kondisi dapur rumah warga di Dusun Bale Blang, Gampong Pante Piye, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen yang berhasil diselamatkan dari kebakaran, Kamis siang, 20 Mei 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com – Masyarakat dan petugas Mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Bireuen berhasil menyelamatkan satu dapur rumah warga di Dusun Bale Blang, Gampong Pante Piye, Kecamatan Peusangan, Kabupaten setempat dari kebakaran, Kamis siang, 20 Mei 2021.

Cepatnya penanganan dilakukan warga disusul petugas Damkar berhasil memadamkan kobaran api di dapur berkontruksi kayu beratap daun rumbia milik Zulkifli,53, sebagai petani disitu.

Zulkifli yang belum berkeluarga itu tinggal sendiri di rumah tersebut, saat kejadian dia tidak ada di rumah. "Saya tadi sedang di jalan mau pulang ke rumah dari jauh saya lihat berasap di rumah saya dan dapur sudah terbakar," kata Zulkifli kepada AcehEkspres.com di lokasi.

Yakop,55, warga setempat di lokasi menjelaskan, menurut informasi awalnya ada anak yang bakar sampah dekat lokasi, diluar dugaan api menjalar kena dinding dapur rumah tersebut.

Mengetahui kejadian itu sejumlah warga meminta bantuan Damkar dan secara spontan warga juga langsung berhamburan ke lokasi dan membantu menyiram kobaran api pakai timba dengan air sumur dan juga menarik pipa menyemprotkan air dari rumah warga terdekat.

“Usaha keras warga dapat memadamkan kobaran api untuk mencegah tidak sampai merambat ke rumah permanen juga milik korban dibagian depan. Petugas Damkar tiba dilokasi membantu padamkan kobaran api sampai padam total,” kata Yakop

Komandan Regu (Danru) A Pos Pemadam Pembantu Kutablang Bireuen, Ichsan ditanya AcehEkspres.com mengatakan, pihaknya menerima informasi adanya kebakaran itu ia langsung langsung petugas dengan dua Damkar ke lokasi, disusul tiga unit Damkar dari Pos Induk Kota Bireuen.

“Kita mengimbau agar masyarakat segera menghubungi petugas di nomor telepon 064421113 apabila ada terjadi kebakaran, sampaikan informasi akurat sehingga tim pemadam langsung cepat menuju lokasi kejadian,” kata Ichsan.[]

Editor: