HUT AcehEkspres.com ke 3

Dibuka Camat, Kuta Blang Target Juara Umum MTQ 35 Bireuen

Dibuka Camat, Kuta Blang Target Juara Umum MTQ 35 BireuenFoto: Istimewa
Camat Kuta Blang Mukhsin, SAg menyampaikan arahan saat membuka MTQ ke 35 Kecamatan Kuta Blang, Rabu malam, 24 Maret 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 35 tingkat Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen yang berlangsung dihalaman Masjid Gampong Geulanggang Meunje, Kecamatan setempat, Rabu malam, 24 Maret 2021.

Camat Kuta Blang Mukhsin, SAg dkepada AcehEkspres.com selesai membuka MTQ menyampaikan, pelaksanaan MTQ ke 35 pertama tingkat kecamatan ini mulai 24 s/d 28 Maret 2021 diikuti 126 peserta dari empat kemukiman.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat Kuta Blang khususnya bagi keuchik yang telah berpartisipasi aktif untuk menyukseskan MTQ ini, dan peserta yang kita kirim ikuti MTQ Kabupaten Bireuen, benar-benar bisa membanggakan Kuta Blang," kata Camat

Begitu juga harapan kepada dewan hakim, benar-benar profesional dalam menilai sehingga tidak ada peserta yang merasa dirugikan. MTQ tingkat kabupaten tahun lalu Kuta Blang meraih juara 4.

"Tahun ini kita target bisa meraih juara umum MTQ 35 Kabupaten Bireuen," sebut Camat Kutablang Mukhsin SAg, seraya mengatakan peserta MTQ dari Kuta Blang pernah dua kali meraih juara umum MTQ Kecamatan pada tahun 2006 dan 2012 lalu.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kuta Blang yang juga Ketua Panitia MTQ Tgk Mahdi MA, SAg kepada AcehEkspres.com menjelaskan, MTQ diikuti 126 peserta para juara tingkat kemukiman yang seleksinya digelar dari tanggal 15 s/d 20 Maret 2021.

Adapun jumlah peserta dari Kemukiman

Kuta Hom 32 tuan rumah, Kemukiman Kuta Meuse 36 peserta, Kemukiman Tgk Chiek Di Mayang 38 peserta, Kemukiman Tgk Chiek Di Umar 20 pesertanya.

Cabang MTQ yang diperlombakan yaitu, Tartil Quran 8 peserta putra-putri, Tilawah tingkat kanak-kanak 7 peserta, remaja 8 peserta, dewasa 7 peserta. Qiraah Sab'ah golongan Qiraah Sab'ah Murattal remaja 7 peserta, dewasa 6 peserta, golongan Mujzawwaz remaja 6 orang, dewasa 5 peserta.

Tahfidzul Qur'an golongan 1 juz 7 peserta, 5 juz 5 peserta, 10 juz 4 peserta. Fahmil Qur'an diikuti 7 regu, Syarhil Qur'an 7 regu, Khattil Qur'an 17 peserta. "Cabang Khattil Quran kami gelar hari Minggu 28 Maret 2021 lokasinya di SDN 4 di Gampong Geulanggang Meunje," terang Tgk Mahdi MA, SAg.[]