HUT AcehEkspres.com ke 3

Dinkes Nagan Raya Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat Pada Anak

Dinkes Nagan Raya Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat Pada Anak
Ketua PKK Hj Marwati Ibnu Ali (Tengah) yang didampingi oleh Ketua Bhayangkari Polres Nagan Raya, Ny Ida Giyarto (Paling Kanan) Ketua PKK Kecamatan (Kiri), ibu perwakilan Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0116 Nagan Raya, diikuti juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya, Dr. Harbiah Gani, M.Pd (Paling Kiri) melakukan foto bersama dengan salah seorang mirid SD IT Arrahman, Senin 18 Maret 2019. (ACEHEKSPRES.COM/BAHARIANDY MAHARDEKA)

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Dalam mencegah Stunting atau pertumbuhan tidak optimal pada anak, Dinas Kesehatan Nagan Raya mensosialisasikan perilaku hidup sehat  kepada murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ar-Rahman di Desa Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Senin 18 Maret 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Nagan Raya Hj Siti Zaidar di Nagan Raya mengatakan kegiatan tersebut merupakan program pemerintah dalam menjaga kesehatan anak-anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Nagan Raya serta mencegah timbulnya kasus Stunting pada anak.

“ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah pertumbuhan yang tidak optimal atau Stunting pada anak-anak kita di Nagan Raya dengan mensosialisasikan asupan gizi yang baik serta mengajarkan gaya hidup sehat kepada anak,”katanya.

Dia juga berharap dengan adanya sosialisasi tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak di Kabupaten Nagan Raya tentang pola hidup sehat dan asupan gizi yang baik bagi tubuh sehingga anak dapat menerapkannya di lingkungannya.

Terlihat dalam kegiatan tersebut pihak dinas kesehatan memperkenalkan program yang dinamakan “Isi Piring Ku” dimana anak-anak diajarkan tentang makanan bergizi atau lebih dikenal dengan 4 Sehat 5 Sempurna.

Didalam kegiatan itu juga dilakukan sesi tanya jawab seputar pola hidup sehat dan makanan bergizi dan cara menjaga kesehatan tubuh kepada sejumlah murid SD IT yang berpartisipasi.

Bersamaan dengan itu, Pimpinan SD IT Ar-Rahman, Adifal di Nagan Raya mengucapkan terimakasih atas kunjungan pihak Pemerintah Nagan Raya dan berharap dengan kunjungan itu dapat mendukung pihaknya dapat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan sekolah sehat di Kabupaten Nagan Raya.

“Semoga dengan kunjungan ini kedepan pihak sekolah dan pemerintah bisa bekerja sama dalam mewujudkan program sekolah sehat dan berharap Sekolah ini (SD-IT) dapat menjadi sekolah sehat percontohan bagi sekolah lainnya,”ujarnya.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kadisdik Nagan Raya, Dr. Harbiah Gani M.Pd, Ketua PKK Nagan Raya Hj. Marwati Ibnu Ali, Ketua Bhayangkari Cabang Nagan Raya Ny Ida Giyarto dan serta unsur SKPK lainnya.

Sejauh ini kata Siti Zaidar belum ditemukan kasus Stunting di Kabupaten Nagan Raya, namun pihak Dinas Kesehatan terus berusaha untuk mencegah timbulnya kasus tersebut salah satunya yaitu dengan gencar melakukan sosialisasi gaya hidup sehat kepada masyarakat.[]