Edar Sabu Modus Lempar Ditempat Diringkus Polres Simeulue

Edar Sabu Modus Lempar Ditempat Diringkus Polres SimeulueFoto: Istimewa

SINABANG, AcehEkspres.com - Sat Narkoba Polres Simeulue meringkus dua orang pengedar narkotika jenis sabu dengan modus penjualan secara online COD (lempar ditempat).

Pengedaran nakoba dikepulauan Simeulue sudah meresahkan masyarakat setempat, kini berhasil dikipas oleh Team Kucing Hitam dari Sat Narkoba Polres Simeulue.

Dari tangan tersangka, Tim Kucing Hitam Resmob yang dipimpin oleh Kanit IDIK II Sat Narkoba/Dantim Kucing Hitam berhasil menemukan Barang bukti Jenis Narkotika Sabu dengan total berat 5,28 gram.

“Jika Barang haram sebesar itu menyebar ke para generasi Emas di Kabupaten Simeulue, bisa hancur satu pulau dan tenggelam masa depan anak-anak kita,” kata Kapolres Simeulue, AKBP Agung Surya Prabowo, SIK melalui Kasat Narkoba, Iptu Jh.Sialagan, Jumat, 9 April 2021.

Team kucing Hitam tidak pernah diam dan terus Mencari para pelaku Kejahatan itu.

Adapun kedua pelaku kejahatan itu yang berhasil di diringkus oleh Team Kucing Hitam Resmob yaitu, inisial PU,28, seorang Nelayan, yang merupakan warga Gampong Suka Karya, kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Kemudian inisial RZ,24, seorang Mahasiswa asal dari Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

"Penangkapan itu dilakukan disalah satu rumah warga yang berada di lorong Belibis, Gampong Amaiteng Mulia, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue pada hari Rabu, 7 April 2021,” kata Jh.Sialagan

Kasat menjelaskan, tertangkapnya tersangka inisial PU dan inisial RZ ini berdasarkan laporan dari masyarakat yang sudah merasa resah dengan maraknya peredaran sabu di daerah itu.

"Bahwa kedua tersangka tersebut memiliki dan menjual Narkotika jenis Sabu dengan Modus Online atau COD dengan cara melempar ditempat yang sudah ditentukannya setelah uang ditransfer oleh pembeli,” ujarnya.

Mendapatkan laporan itu, Team Kucing Hitam Resmob dari Satnarkoba Polres Simeulue langsung melakukan penyelidikan, pengendapan dilokasi yang diimformasikan tersebut dan penggeledahan.

Alhasil, didapat lah salah seorang target sasaran pada saat itu, tersangka inisial PU hendak masuk kedalam rumah yang diimformasikan.

Melihat kedatangan Tim, tersangka PU tidak dapat melarikan diri lagi. tim melakukan penangkapan dan penggeledah seorang tersangka dan didapat Tujuh Belas Paket Narkotika jenis Sabu yang dibungkus dengan plastik bening, dengan berat 5,28 gram.

"Dari tangan tersangka inisial PU juga turut diamankan Alat penghisap (Bong) beserta Satu unit timbangan Digital dan dua unit handphone yang diduga digunakan untuk melakukan transaksi barang haram itu,” ujarnya

"Dari pengakuan Tersangka PU barang haram tersebut didapat dari seorang temannya yang berinisial RZ.

Kemudian Tim kita langsung melakukan perkembangan dan berhasil mengamankan RZ di sebuah salon yang berada di Gampong Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue,” kata Jh.Sialagan

Berdasarkan pengakuan dari kedua tersangka RZ dan PU juga menerangkan bahwa barang bukti tersebut diperoleh dari kawan Tersangka inisial DF (DPO) asal dari Nagan Raya.

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan, pengembangan oleh Sat Resnarkoba Polres Simeulue," kata Kasat.[]