Harga Daging Meugang di Bireuen Tetap 170 Ribu 

Harga Daging Meugang di Bireuen Tetap 170 Ribu Rahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Suasana penjualan daging hari meugang dijual pedagang di jalan Rel Kereta Api Kota Bireuen, Minggu pagi, 11 April 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Harga daging sapi dijual pedagang musiman di hari meugang, sebagai tradisi masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijrah di Bireuen, tetap bertahan Rp170 ribu/kg seperti tahun lalu.

Aktifitas penjualan daging tersebut digelar sejumlah pedagang dipusat Kota Bireuen di jalan Rel Kereta Api, Gampong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, mulai Sabtu malam, 10 April dan juga Minggu pagi, 11 April 2021.

Daging-daging sapi masih segar dengan tulangan serta isi dalamnya diletakkan dan digantung di atas meja lapak masing-masing sehingga jelas dilihat para pembeli datang silih berganti beli daging sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Seorang pedagang Yusuf Ahmad,65, juga Imum Mukim Cot Keupula, Gampong Cot Putek, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, kapada AcehEkspres.com dilokasi, mengatakan, harga daging meugang bulan suci Ramadhan tahun ini rata-rata dijual Rp 170 ribu/Kg.

Sedangkan lapak pedagang daging yang disedia dilokasi ada 135 titik, dan belum tentu semua terisi pedagang berjualan Minggu 11 April 2021. 

"Untuk memenuhi kebutuhan daging, satu pedagang ada yang sembelih satu sampai tiga lembu," kata koordinator pedagang Sabtu malam, 10 April 2021.

Begitu juga Yusuf Ahmad, meugang ini menyembelih dua ekor lembu, masing-masing seharga Rp 25 sampai Rp 26 juta, karena besarnya modalnya dikeluarkan pedagang untuk menyediakan lembu, maka harga jualnya Rp170 ribu/kg.

Dikatakan juga hari meugang ini sudah menjadi tradisi turun temurun setiap tahun bagi masyarakat Aceh dan Bireuen, saat memasuki Ramadhan. "Rasanya belum lengkap jika tidak beli daging meugang," kata Yusuf Ahmad.[]