IJTI Aceh Gelar Pra UKJ untuk 53 Jurnalis Televisi

IJTI Aceh Gelar Pra UKJ untuk 53 Jurnalis TelevisiFoto: Istimewa

BANDA ACEH, AcehEkspres.com - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Aceh melaksanakan kegiatan pra Uji Kopetensi Jurnalis (UKJ) Televisi secara virtual, kegiatan ini sebagai asesmen awal penguji dari Dewan Pers dan Pengurus IJTI Pusat, Rabu, 2 Juni 2021.

Peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti UKJ sebanyak 53 jurnalis dari seluruh Aceh dengan basis media Televisi. Kegiatan UKJ tersebut nantinya akan dilansakan di Kota Banda Aceh selama 2 hari. Kegiatan uji kompetensi ini tidak dipungut biaya apapun.

Calon peserta UKJ dari media televisi lokal Aceh, Lala, mengatakan bahwa kegiatan uji kopetensi ini sangat berguna bagi dirinya. Karena dia merupakan jurnalis yang masih baru dalam pertelevisian.

"Saya jurnalis baru jadi sangat berguna dengan adanya pra UKJ dan UKJ, buktinya baru mengikuti Pra UKJ saya sudah banyak ilmu, seperti tentang Kode etik jurnalis, dan peraturan lain yang berhubungan tentang kerja-kerja jurnalis,” kata Lala. 

Ketua IJTI Pengda Aceh Munir Noer, mengatakan, sangat mendukung terlaksananya kegiatan UKJ yang dilaksanakan oleh IJTI pusat. Karena proses uji kopetensi jurnalis ini bisa menjadi indikator kemampuan jurnalis dalam melaksakan praktik-praktik jurnalistik di lapangan sesuai kaedah jurnalistik.

"Dengan terlaksananya UKJ ini juga bisa kita ketahui dimana jurnalis yang profesional dengan jurnalis abal-abal, setidaknya UKJ menjadi indikator. Semoga semua jurnalis televisi di Aceh bisa lulus mengikuti UKJ,” kata Munir 

Adapun materi yang diberikan kepada peserta pra UKJ merupakan materi tentang peraturan-peraturan yang berkaitan dengan jurnalistik serta teknik yang baik dalam wawancara dan penentuan narasumber yang tepat untuk sebuah pemberitaan.[]

Editor: