Janda Anak Dua, Awal Terlantar di Bireuen, Dipulangkan ke NTB, Ucapkan Terimakasih ke Gubernur Aceh

Janda Anak Dua, Awal Terlantar di Bireuen, Dipulangkan ke NTB, Ucapkan Terimakasih ke Gubernur AcehFoto: Humas Pemerintah Aceh
Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh berkerjasama dengan Dinsos Kabupaten Bireuen menfasilitasi pemulangan warga NTB yang terlantar di Bireuen ke kampung halamannya yang turut didampingi Pekerja Sosial dari Dinsos Aceh saat berada di Bandara SIM, Aceh Besar, Sabtu, 29 Mei 2021.

BANDA ACEH, AcehEkspres.com – Para warga Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tinggal di Aceh, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT yang telah memulangkan janda dua anak, Fitria Ningsih (23 th), kembali ke Kabupaten Dompu Provinsi NTB, Sabtu, 29 Mei 2021.

Ibu dua anak itu sebelumnya terlantar dan ditampung oleh seorang warga di Geulanggang Teungoh, Kota Juang Bireuen.

“Kami dampingi Fitria beserta kedua anaknya dan bersama Pejabat Dinsos Aceh ikut mengantar pulang kembali ke NTB melalui Bandara Sultan Iskandar Muda pada Sabtu, 29 Mei 2021.

Sekali lagi kami sampaikan teurimong geunaseh kepada Gubernur Aceh Nova dan semua pihak yang telah membantu, memfasilitasi kepulangan Fitria dan kedua anaknya kembali ke NTB,” kata Ikhwan Julmi, seorang warga NTB yang bermukim di Aceh.

Ikhwan menceritakan, sejak diberitakan oleh media terkait seorang janda asal NTB dan kedua anaknya terlantar di Kabupaten Bireuen, warga NTB lainnya yang berdomisili di Aceh, terus melakukan koordinasi dan mencari kepastian berita tersebut.

“Sampai akhirnya pada Kamis malam, 27 Mei 2021, kami memperoleh nomor telpon Fitria Ningsih dan langsung menghubunginya,” kata Ikhwan Julmi.

Ikhwan menjelaskan, melalui saluran telp Fitria menceritakan keberadaannya saat itu, ditampung oleh Bu Nurjanah di Geulanggang Teungoh Kot,a Juang Bireuen.

Lebih lanjut, kata Ikhwan, dalam perbincangan via telpon itu Fitria menyampaikan permintaan agar dibantu karena ingin pulang secepatnya ke NTB tapi tak memiliki biaya sepersenpun.

“Saat itu, kami sampaikan pada Fitria, insyaallah Pemerintah Aceh tak akan tinggal diam dan akan menolong Fitria untuk segera pulang ke NTB,” ujar Ikhwan.

Setelah dilakukan komunikasi dengan pihak pemerintah Aceh, Fitria kemudian dijemput oleh Dinsos Aceh untuk pengurusan kepulangannya ke NTB.

Lebih lanjut, kata Ikhwan, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan abang Fitria yang bernama Mansyur di Dompu. Kepada Mansyur disampaikan kabar keberadaan Fitria dan rencana pemulangannya oleh Pemerintah Aceh.

“Melalui sambungan telpon, Mansyur mewakili keluarga besar di Dompu mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan Gubernur Aceh yang memulangkan adiknya ke Dompu NTB,” kata Ikhwan.

Sementara itu, dalam apresiasinya Ikhwan juga menyinggung kepedulian Pemerintah Aceh saat membantu NTB dengan mengirim Tim Aceh Peduli NTB pasca gempa Tahun 2018. Masyarakat dan Pemerintah Aceh saat itu membangun kembali Masjid An Nur yang berada di Desa Gondang Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

“Nama Masjid tersebut kemudian diramalkan kata Aceh di belakangnya sebagai lambang atau simbol persaudaraan antara Aceh dengan NTB sehingga menjadi Masjid An Nur Aceh.” []

Editor: