Kebun Jati di Puncak Bukit Bireuen Terbakar

Kebun Jati di Puncak Bukit Bireuen TerbakarFoto: Istimewa
Kapolsek Peusangan, Polres Bireuen, Ipda Nasruddin bersama petugas gabungan memadamkan kobaran api dipuncak bukit, Rabu malam, 9 Juni 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kebun jati milik warga seluas 1 hektare di Gampong Paya Cut, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Rabu malam, 9 Juni 2021.

Karhutla yang terjadi puncak bukit terjal dengan kemiringan 45 derajat itu tidak sempat meluas, untuk proses pemadaman ditengah malam hanya mengunakan alat penerangan dari sinari senter berlangsung dramatis.

Betapa tidak, untuk memadamkan api dipuncak bukit setinggi 50 meter itu sangat sulit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk menyiram air, petugas pemadam dibantu Polsek Peusangan, 

Ikut hadir Kapolsek Peusangan Ipda Nasrudin, Sat Intelkam Polres Bireuen, Babinsa Koramil 06 Peusangan.

“Kami memadamkan api dengan mengunakan pohon kayu agar api tidak meluas, kabakaran ini akibat api dari bawah menjalar ke atas bukit,” kata Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH SIK MSi melalui Kapolsek Peusangan Ipda Nasruddin, SH kepada AcehEkspres.com, Rabu, 9 Juni 2021.

Kebakaran itu memang dilihat ringan, tapi bisa fatal apabila tidak dilakukan pemadaman, karena jika menjalar ke bawah bukit tersebut banyak rumah penduduk.

"Luar biasa terjal bukit yang kami daki tadi untuk memadamkan api di kemiringan 45 derajat, kejadian itu awalnya diketahui anggota patroli Sat Shabara Polres Bireuen,” kata Nasruddin.[]

Editor: