HUT AcehEkspres.com ke 3

Kemenag Nagan Raya Tentukan Besaran Zakat Fitrah

Kemenag Nagan Raya Tentukan Besaran Zakat Fitrah
Kemenag Nagan Raya melakukan rapat penentuan besaran zakat fitrah tahun 1441 H atau 2020 M, yang berlangsung di aula kantor Kemenag setempat, Rabu 6 Mei 2020. [For Acehekspres.com]

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nagan Raya melakukan rapat penentuan besaran zakat fitrah tahun 1441 H atau 2020 M, yang berlangsung di aula kantor Kemenag setempat, Rabu 6 Mei 2020.

Dalam kesempatan turut hadir diantaranya, Kakankemenag Nagan Raya, Drs. H. Amiruddin, MA, Kasubbag TU, Tgk. Aidy Putra, S.Ag Ketua Mahkamah Syariah Nagan Raya, Irkham Saderi.

Kadis Syariat Islam Said Hamazali, S.Pd, Ketua MPU Tgk. Zainuddin Amin, Ketua Baitul Mal H M Kasem Ibrahim, S.Sos, Kabag Kesos Sekdakab Baihaqi Husen serta sejumlah pejabat struktural Kemenag Nagan Raya.

Kakankemenag Nagan Raya, Amiruddin, mengatakan, berdasarkan hasil survei pasar dalam wilayah Nagan Raya terhadap harga beras saat ini, bagi umat Islam di di Kabupaten ini tahun 1441 H atau 2020 M dapat dikeluarkan zakat fitrah dengan salah satu cara.

Kadar zakat fitrah dengan beras adalah 1 sha' atau 10 kaleng susu isi 397 gram atau 3,1 liter atau 1,5 (satu setengah) bambu tambah 1 genggam atau 2,8 kilogram untuk setiap jiwa.

Zakat fitrah yang ditunaikan dengan uang, bagi yang mengkonsumsi beras BTN, Yusima, Bunga dan sejenisnya Rp. 35.000,- per jiwa.

Kemudian yang mengkonsumsi beras Ramor, Tangse, Cap Ayam dan sejenisnya Rp. 32.000,- per jiwa.

Bagi yang mengkonsumsi beras Kemala, Qaisar, Cap BS, Cap Oke dan sejenisnya Rp. 30.000,- per jiwa.

Selanjutnya, bagi yang mengkonsumsi Beras Doloq, beras lokal dan sejenisnya Rp. 26.000,- per jiwa.

Berdasarkan hasil keputusan rapat tersebut akan di buatkan surat edaran dan di edarkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nagan Raya.

“Berdasarkan hasil rapat tersebut yang selanjutnya kita akan buatkan surat edaran untuk sosialisasi kepada masyarakat, mengenai besaran zakat fitrah yang telah di putuskan.

Agar diketahui dan menjadi pedoman bagi masyarakat dalam ruang lingkup kabupaten Nagan Raya,” kata Kakankemenag Nagan Raya Amiruddin.[]