HUT AcehEkspres.com ke 3

Kisah Sopir Truk Selamat dari Ambruknya Jembatan Layang Italia

Kisah Sopir Truk Selamat dari Ambruknya Jembatan Layang Italia
Sebuah truk berhenti beberapa meter dari titik jembatan layang yang ambruk (Stefano Rellandini/Reuters)

ROMA, ACEHEKSPRES.COM- Seorang pengemudi truk berhasil selamat secara dramatis dari insiden ambruknya jembatan layang di Genoa, Italia. Pengemudi ini menghentikan kendaraannya tepat waktu dan berlari menjauhi titik jembatan yang ambruk.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (15/8/2018), pengemudi truk asal Maroko bernama Afifi Idriss (39) ini sedang berkendara di atas ruas jembatan layang Morandi yang ambruk pada Selasa (14/8) waktu setempat.

Puluhan mobil dan truk terjatuh dari ketinggian 50 meter setelah bagian jembatan layang sepanjang 80 meter tiba-tiba ambruk di tengah hujan deras. Idriss menghentikan kendaraannya di titik tidak jauh dari bagian jembatan yang ambruk.

"Saya melihat truk besar warna hijau di depan saya berhenti dan kemudian mundur jadi saya berhenti juga, mengunci truk dan berlari," tutur Idriss kepada AFP.

Baca juga: Jembatan Layang Ambruk di Italia, Pencarian Korban Terus Dilakukan

Truk hijau itu masih tampak di ujung jembatan yang ambruk pada Selasa (14/8) malam waktu setempat. Truk itu berhenti hanya beberapa meter sebelum bagian jembatan yang ambruk.

Pengendara lainnya, Alessandro Megna, menuturkan kepada radio setempat RAI bahwa dirinya melihat langsung insiden mengerikan itu saat terjebak kemacetan lalu lintas. "Tiba-tiba jembatan jatuh dengan semua yang ada di atasnya. Sungguh seperti adegan kiamat, saya tidak bisa mempercayai apa yang saya lihat," ucapnya.

Sedikitnya 35 orang tewas dalam insiden ini. Penyebab ambruknya jembatan layang ini masih diselidiki otoritas setempat. Namun diduga ada kaitan dengan peringatan badai yang dirilis otoritas setempat pada Selasa (14/8) pagi.

Otoritas setempat juga menyebut bahwa 'upaya pemeliharaan sedang dilakukan di bagian dasar viaduk' saat insiden terjadi. Ada sebuah crane yang dipindahkan ke lokasi untuk membantu upaya pemeliharaan.

Baca juga: Jembatan Layang di Italia Ambruk, Korban Tewas Jadi 35

Sementara Menteri Transportasi Italia, Danilo Toninelli, menyebut insiden ini dipicu oleh kurangnya pemeliharaan.

Autostrade, unit infrastruktur Atlantia, yang mengelola jembatan itu menyebut insiden ini tidak diduga. "Jembatan dipantau dan diawasi secara rutin sesuai aturan hukum yang berlaku," tegas Stefano Marigliani selaku perwakilan Autostrade untuk wilayah Genoa, kepada Reuters.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini bersumpah akan membuat pihak-pihak yang bertanggung jawab diadili.

"Saya telah melewati jembatan ini ratusan kali dan saya berkomitmen untuk menggali dan mencari siapa yang bertanggung jawab atas tragedi yang tidak bisa diterima ini, karena tidak mungkin di tahun 2018 Anda bisa bekerja dan mati dalam situasi ini," tegasnya. [nvc/ita]

(Sumber : news.detik.com)