HUT AcehEkspres.com ke 3

Masyarakat Alue Limeng Seperti "Mimpi" Jalan TMMD Dekatkan Akses Kecamatan

Masyarakat Alue Limeng Seperti "Mimpi" Jalan TMMD Dekatkan Akses Kecamatan
Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi bersama Kasrem 011/LW, Dandim dan pejabat terkait tinjau dilokasi TTMD Alue Limeng, Kecamatan Jeumpa, Selasa pagi, 2 Maret 2021. [RAHMAT HIDAYAT/ ACEHEKSPRES.COM]

BIREUEN, ACEHEKSPRES.COM - Masyarakat Alue Limeng dan Sarah Sirong Jaya, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen sudah puluhan tahun kesulitan berputar 22 s/d 25 Km mengurus administrasi dan berobat ke pusat ibukota kecamatan setempat.

Tapi kini harapan besar masyarakat sudah terwujud, mereka sekerang seperti "mimpi" karena sudah sangat dekat akses ke Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa.

Dekatnya jarak tempuh kini hanya belasan kilometer saja, setelah ketelisoliran akses jalan pemukiman diapit oleh pengunungan kebun produktif milik masyarakat, awalnya rusak parah tidak berbentuk jalan bahkan sangat sulit dilalui apalagi di musim hujan.

Sejak beberapa hari terakhir, telah lancar dilintasi mengenderai sepeda motor dan mobil, setelah dilaksanakan pembukaan dan pelebaran jalan oleh Pemkab Bireuen bekerjasama dengan Kodim 0111 Bireuen, melalui program TMMD Reguler ke 110.

Pelaksanaan sejumlah program sasaran fisik dan non fisik TMMD tersebut, dibuka Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi ditandai penandatanganan MoU dengan Dandim 0111 Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S.Sos, di Pendopo Bupati, Selasa pagi, 2 Maret 2021.

Turut hadir Kasrem 011 Lilawangsa, Letkol Czi M Ridha Has, ST.,MT, pejabat Forkopimda, kepala SKPK, Forkopimcam Jeumpa, para perwira dan anggota jajaran Kodim 0111 Bireuen, keuchik bersama perangkat gampong Alue Limeng.

Dandim 0111 Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S.Sos kepada wartawan menjelaskan, dipilihnya Gampong Alue Limeng sebagai sasaran TMMD ke 110 karena daerah itu berada paling ujung dari Kecamatan Jeumpa.

Selama ini akibat kurang lancarnya akses jalan sehingga masyarakat terkendala ke Kecamatan Jeumpa di Blang Bladeh.

"Saya selama ini selalu ke Alue Limeng lewat jalan ini mengira ini Kecamatan Juli, ternyata karena akses jalan masih kurang, kita salah mengira karena kita juga selalu memutar ke Juli," ujar Dandim.

Dengan dibukanya akses jalan ke Alue Limeng dengan program TMMD Reguler ke 110 ini, sebelumnya kita harus menempuh perjalanan mencapai 22 Km dari Bireuen menuju ke Alue Limeng, sekarang belasan kilometer saja.

Pembangunan jalan ini sangat membantu masyarakat Alue Limeng dan sekarang ini sudah tidak terisolir lagi.

"Saya kemarin ke Alue Limeng masyarakat menyampaikan seperti mimpi, jalan ke Bireuen semakin dekat tidak jauh lagi," ungkap Letkol Inf Zainal Abidin Rambe.[]