HUT AcehEkspres.com ke 3

Masyarakat Antusias Mengikuti Expo Hewan Ternak di Nagan Raya

Masyarakat Antusias Mengikuti Expo Hewan Ternak di Nagan Raya
Warga ramai-ramai menyaksikan hewan ternak kerbau yang diikutsertakan dalam festival hewan ternak yang diselenggarakan oleh Distannak Kabupaten Nagan Raya di Jalan Poros Utama, Lueng Baroe. Suka Makmue, Nagan Raya, Minggu 28 April 2019. (ACEHEKSPRES.COM)

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Masyarakat di kabupaten Nagan Raya antusias mengikuti Expo (Festival) Hewan Ternak yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (DISTANNAK) Nagan Raya di Jalan Poros Utama Lueng Baroe, Suka Makmue, Nagan Raya, Minggu 28 April 2019.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (DISTANNAK) Kabupaten Nagan Raya, drh Safrizal mengatakan antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya masyarakat yang ikut mendaftarkan hewan ternaknya dalam festival tersebut.

“Targetnya 25 ekor tapi sekarang yang sudah telefon saya sudah mencapai 50 ekor lebih hewan ternak masyarakat yang akan diikutsertakan dalam festival hewan ternak ini,”katanya, Minggu.

Lanjut Safrizal tujuan penyelenggaraan festival hewan ternak ini merupakan salah satu wujud pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hal peternakan serta  hewan ternak di Nagan Raya menjadi salah satu hewan ternak kualitas terbaik.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk membuka mata masyarakat agar lebih baik dalam menjaga dan memelihara hewan ternak, serta kita berikan edukasi mengenai cara-cara pengolahan dan pemberian pakan dengan baik, kemudian kita juga akan mengajak masyarakat untuk lebih intensif dalam merawat hewat ternaknya,”ujarnya.

Selain itu, Safrizal juga berharap kegiatan tersebut dapat sekaligus menjalin silaturrahmi antar peternak maupun muge (Pedagang) serta dapat memberikan semangat bagi masyarakat untuk serius dalam bisnis peternakan, sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat di Nagan Raya.

Untuk diketahui kegiatan fertival hewan ternak itu diselenggarakan mulai Minggu-Senin, adapun kategori hewan ternak yang diperlombakan yaitu Sapi Jantan Aceh, Sapi Jantan Bebas, Kerbau Jantan, Kerbau/Sapi Bebas Hasil IB (Inseminasi Buatan) dengan total hadiah 30 Juta rupiah, dengan klasifikasi Juara I Rp. 3,5 Juta, Juara II Rp. 2,5 Juta dan Juara III Rp. 1,5 Juta. []