HUT AcehEkspres.com ke 3

Masyarakat Jangka Mesjid Gelar Donor Darah Perdana 

Masyarakat Jangka Mesjid Gelar Donor Darah Perdana Rahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Petugas UTD RSUD dr Fauziah lagi melayani warga mendonorkan darah, dalam Bus UTD, di Gampong Jangka Mesjid, Kamis pagi, 01 April 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Sebanyak 31 kantong darah berbagai golongan, hasil donor perdana digelar di Gampong Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Kamis, 1 April 2021.

31 kantong darah itu disumbangkan untuk Unit Transfusi Darah (UTD) dr Fauziah Bireuen memenuhi ketersediaan darah untuk pasien.

Amatan diperoleh AcehEkspres.com, kegiatan donor darah di mobil bus khusus pelayanan UTD RSUD dr Fauziah, pendonor melibatkan sejumlah kalangan, mulai Camat, Sekcam, petugas Puskesmas Jangka, perangkat gampong, warga Jangka Mesjid dan sekitarnya.

Kepala UTD RSUD dr Fauziah Wardati SKM MKM yang ditemui di lokasi menjelaskan, donor darah itu merupakan jadwal kegiatan donor rutin dilaksanakan oleh Puskesmas Jangka.

Dikarenakan ada permintaan untuk dapat digelar di gampong maka dilaksanakan di Jangka Mesjid, ini donor darah perdana di gampong di Jangka.

"Kita harapkan dapat diikuti gampong lain, ini bagian sosialisasi kita lakukan masyarakat kita harapkan ikut mendonorkan darahnya" ujar Herizal yang juga Tata Usaha (TU) Puskesmas Jangka.

Wardati mengucapkan terimakasih kepada perangkat gampong dan masyarakat telah mendonorkan darahnya, dan menambah persediaan darah di UTD RSUD dr Fauziah, selain beberapa hari ke depan setiap hari ada donor di sejumlah lokasi terpisah.

Jadwal donor lanjutan hari, Sabtu, 3 April 2021 di Suzuya Mal Simpang Empat Kota Bireuen, Minggu, 4 April Gampong Krueng Juli Timu, Kecamatan Kuala, Senin, 4 April Alumni SMA Peusangan di kantor Camat Peusangan.

Kemudian juga digelar Selasa, 6 Maret 2021 di Puskesmas Peusangan, Rabu, 7 April di Puskesmas Peudada, Kamis, 8 April Puskesmas Jeumpa dan Sabtu, 10 April digelar Pemuda Pancasila di Bireuen Parte. 

"Kita harapkan hasil donor darah itu nanti dapat memenuhi persediaan darah saat bulan suci Ramadhan," imbuh Wardati.[]