HUT AcehEkspres.com ke 3

Mentan Apresiasi Aceh Bantu 1.000 Ton Beras untuk Pengunsi Suriah

Mentan Apresiasi Aceh Bantu 1.000 Ton Beras untuk Pengunsi Suriah
Pelepasan keberangkatan Kapal Kemanusiaan Suriah dihadiri oleh Senior Vice President ACT N. Imam Akbari, Direktur PT Pelindo 1 Syahputra Sembiring, Direktur PT Samudera Indonesia Logistik Kargo Puspito Budi Winarko, Kepala BPBD Sumatera Utara H. Riadil Akhir Lubis, dan Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Kementerian Pertanian Mat Syukur, Sabtu 21 April 2018. [Ist]

MEDAN, ACEHEKSPRES.COM- Keberangkatan Kapal Kemanusiaan Suriah (KKS) membawa 1000 ton beras untuk pengungsi Suriah melalui Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut) menuju Pelabuhan Iskenderun, Turki mendapat respons positif dari Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, Sabtu 21 April 2018.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Mat Syukur selaku Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Kementerian Pertanian.

“Kami mengucapkan selamat pada ACT atas pelepasan Kapal Kemanusiaan Suriah, di mana sebelumnya juga melakukan hal yang sama untuk masyarakat Somalia, Rohingya, Palestina, dan Papua,” papar Mat Syukur, mewakili Mentan Amran.

Menurutnya, Kapal Kemanusiaan tidak hanya berupaya untuk menyediakan pangan bagi para pengungsi Suriah. Program tersebut juga mampu menyejahterakan petani di Indonesia.

Keberlanjutan misi kemanusiaan masyarakat Indonesia yang digalang ACT, imbuh Mat Syukur, memerlukan ketersediaan pangan nasional. Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Pertanian untuk menjadikan indonesia sebagai lumbung pangan dunia di momen 100 tahun Indonesia merdeka, yakni 2045.

“Dan kita tahu, beras yang dikirim ini dari Aceh, yang tahun ini berhasil surplus beras sekitar 1,5 juta ton. Kami mengapresiasi ini, sekaligus mengapresiasi pemerintah, masyarakat, dan petani Aceh dalam pengumpulan 1000 ton beras untuk pengungsi Suriah,” ujar Mat Syukur.

Kapal Kemanusiaan Suriah menjadi Kapal Kemanusiaan kelima yang telah dikirimkan ACT dan segenap bangsa Indonesia. Bantuan ribuan ton beras ini menjadi penegas komitmen ACT dan bangsa Indonesia dalam memberikan solusi nyata untuk krisis pangan yang melanda pengungsi Suriah.(Fhz/red)