HUT AcehEkspres.com ke 3

Pabrik di Nagan Raya Beli TBS Kelapa Sawit Rp 1.020 Per Kg

Pabrik di Nagan Raya Beli TBS Kelapa Sawit Rp 1.020 Per Kg
General Manager PT. Kharisma Iskandar Muda, Ari Saputra,SH (baju putih)

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) di wilayah Kabupaten Nagan Raya membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dengan harga Rp 1.000 sampai 1.020 per Kg.

Menangapi isu muruhnya harga kelapa sawit di Nagan Raya dibandingkan dengan Kabupaten lain di Aceh, General Manager PT. Kharisma Iskandar Muda (KIM), Ari Saputra,SH, angkat bicara.

Ari Saputra mewakili PMKS di Nagan Raya menjelaskan, pabrik membeli TBS kelapa sawit mengikuti harga jual produksi, PMKS mengikuti pasar yaitu komuniti penenderan bersama (KPB) untuk jual crude palm oil (CPO).

BACA JUGA: Harga TBS Kelapa Sawit Merosot, Ini Sebabnya

Untuk saat ini harga kelapa sawit di Nagan Raya Rp 1.000 sampai 1.010 per Kg diterima PMKS. Bahkan ada dua PMKS di Nagan Raya yang jauh lokasinya membeli TBS kelapa sawit dengan harga Rp 1.010 sampai 1.020 per Kg.

“Kami (pihak pabrik) membeli TBS kelapa sawit rata-rata di atas Rp 1.000 per Kg, maka tidak benar bila ada yang menyebutkan pabrik membeli TBS kelapa sawit dengan harga Rp 400/500 per Kg,” kata Ari Saputra.

Menurutnya, persoalan ini perlu ada penjelasan, mungkin ada agen yang masuk ke Gampong-gampong membali ke petani dengan harga Rp 400/500 per Kg, itu harus dipisahkan dengan pabrik. Ari menegaskan, kita harus bisa membedakan mana harga yang dibeli oleh agen dan mana harga diterima PKMS.

Ari Saputra mengatakan, hal Ini perlu diperjelas agar masyarakat jangan mengira PMKS yang membeli kelapa sawit dengan harga Rp 400/500 per Kg.

“Kami membeli TBS kelapa sawit ke SP (agen) rata-rata di atas Rp 1000, namun pihak pengumpul (agen) dibeli dengan harga rendah ke petani itu diluar kendali PMKS, kita tetap pembelian TBS harus melalui SP yang sudah ada kerjasamanya,” kata Ari Saputra.[]

Penulis: Redaksi