Pemkab Bireuen Segera Gelar MTQ ke 35 Tingkat Kabupaten

Pemkab Bireuen Segera Gelar MTQ ke 35 Tingkat KabupatenRahmat Hidayat/AcehEkspres.com
Kadis Syariat Islam Bireuen, Anwar, SAg MAP

BIREUEN, AcehEkpres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen akan segera menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 35 tingkat kabupaten, pada minggu terakhir Juni atau awal Juli 2021.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, SAg, MAP kepada AcehEkspres.com mengatakan, mengingat kondisi pandemi COVID-19, sistem pelaksanaan MTQ ke 35 masih perlu dimusyawarahkan dengan Forkopimda, ada format kegiatan telah disiapkan, apabila disepakati baru dilaksanakan nantinya.

"Format kegiatan yang telah kita siapkan, pesertanya tidak kita kumpul di kabupaten dan kita gelar siang hari tanpa keramaian, peserta yang tampil saja datang ke arena. Misal pagi tampil 20 orang, mereka saja datang mengikuti MTQ," kata Anwar, Jumat, 4 Juni 2021.

Selain itu, MTQ dimasa pandemi COVID-19 ini, penitian tidak ada menyediakan biaya penginapan peserta kecamatan ke kabupaten, seperti dilaksanakan dulunya, dan biaya itu direlokasi untuk transport bagi peserta.

"Kita harapkan nanti ada transportasi dari kecamatan yang dapat mengantar jemput peserta untuk mengikuti MTQ kabupaten, tapi jika digelar Daring belum siap, karena jumlah peserta banyak dan tidak mungkin semuanya juga menguasai teknologi," ujar Kadis Syariat Islam.

Tetapi untuk menghindari berkumpulnya warga diarena, Dinas Syariat Islam Bireuen telah menyiapkan, masyarakat bisa nonton dari aplikasi zoom, siaran langsung dari media sosial. "Pesertanya tetap hadir ke arena, sementara penonton secara daring," terangnya.

Terkait jadwal pelaksanaan MTQ ke 35 tingkat Kabupaten Bireuen, rencana antara akhir Juni atau awal Juli 2021, di empat lokasi yaitu panggung utama di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Meunasah Kulah Batee, di SMAN 1 atau SMAN 2 Bireuen, dan gedung baru LPTQ di Cot Gapu.

Dari empat lokasi itu, juga dibagi sejumlah cabang MTQ yang diikuti peserta. "Kita harap MTQ tetap bisa berlangsung sesuai protokol kesehatan, peserta bisa nyaman, kita ajak kawan-kawan media mensupport kegiatan kita hingga sukses, peserta bisa ikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh nantinya," kata Anwar.

Kata Anwar, pelaksanaan seleksi MTQ tingkat kecamatan sudah selesai dilakukan dan lanjutkan MTQ tingkat kabupaten untuk mengikuti MTQ ke Provinsi Aceh yang akan digelar di Kabupaten Bener Meriah tahun 2021 ini.

"Untuk MTQ tingkat Kabupaten kita sudah ada pesertanya untuk mengikuti 9 cabang MTQ diperlombakan nantinya," kata Anwar.[]

Editor: