Pemkab Bireuen Usulkan 14.554 UMKM 2021 ke Kementerian

Pemkab Bireuen Usulkan 14.554 UMKM 2021 ke KementerianFoto: Istimewa
Kadisperindakop dan UKM Bireuen, Ir Alie Basyah, MSi.

BIREUEN, AcehEkpres.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen mengusulkan 14.554 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Sebanyak 14.554 UMKM mendaftar secara online, mereka sebagai calon penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap III dari Pemerintah pusat.

Kadisperindagkop dan UKM Bireuen, Ir Alie Basyah, MSi kepada wartawan, mengatakan, terkait jumlah UMKM mendaftar sebagai penerima bantuan BPUM lanjutan tahun 2021 sudah diumumkan pihaknya.

Dijelaskan, sesuai pengumuman terkait bantuan BPUM itu, Kadisperindagkop dan UKM Bireuen telah menyurati camat 17 kecamatan dan diminta menyampaikan kepada keuchik, masyarakat miliki usaha UMKM untuk memperoleh BPUM dapat mendaftar secara online batas 26 April 2021.

“Dari hasil pendataan secara online belasan ribu UMKM di Bireuen mengajukan berkas persyaratan untuk mendapatkan bantuan BPUM, setelah diverifikasi 14.555 UKM di 17 kecamatan diusulkan sebagai calon penerima BPUM tahap III April 2021,” kata Alie Basyah, Sabtu pagi, 1 Mei 2021

Usulan disampaikan ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Provinsi Aceh, kepada Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, 27 April 2021 bersama dengan usulan dari lima kabupaten/kota lainnya di Aceh.

“Selain Bireuen, ada empat kabupaten/kota yang telah mengusulkan calon penerima BPUM dengan jumlah berfariasi,” kata Alie Basyah.[]

Editor: