HUT AcehEkspres.com ke 3

Pemkab Nagan Raya Rayakan ‘Kanduri Laot’

Pemkab Nagan Raya Rayakan ‘Kanduri Laot’
Assisten Ekonomi pembangunan Drs. Mahdi, para kepala SKPK, Camat, Panglima laot lhok dan ratusan nelayan makan bersama, Kamis 14 Desember 2018 (ACEHEKSPRES.COM/ISTIMEWA)

SUKA MAKMUE, ACEHEKSPRES.COM- Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh rayakan tradisi syukuran ‘Kanduri Laot’ bersama para nelayan yang dilaksanakan di Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya Jum’at 14 Desember 2018 malam.

Tradisi kanduri laot merupakan tradisi turun temurun dan sudah ada sejak dahulu di Aceh khususnya di Kabupaten Nagan Raya. Acara syukuran tersebut merupakan bentuk rasa syukur para nelayan kepada Tuhan.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut bupati Nagan Raya HM Jamin Idham melalui Asisten Ekonomi  Pembangunan Drs. Mahdi mengajak para nelayan untuk menjaga dan melestarikan biota laut.

“Perlu kami sampaikan kepada bapak – bapak nelayan, agar dalam menjalankan aktifitas melaut untuk selalu menjaga kondisi kapal demi keselamatan, melengkapi administrasi surat-surat demi kenyamanan dalam berlayar dan selalu menjaga kelestarian laut maupun pantai, karena nantinya akan kita wariskan kepada anak cucu kita,”ujar Mahdi, menyampaikan pesan bupati Nagan Raya itu Jum’at.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempererat silaturrahmi antara masyarakat khususnya nelayan dengan pemerintah setempat.

“Melalui kenduri laot ini, saya berharap kepada seluruh masyarakat nagan raya khususnya para nelayan, agar kita selalu menjaga keharmonisan sosial dan memperkuat tali silahturahmi sesama nelayan sehingga kita menjadi kuat dan maju,”tambah Mahdi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para kepala SKPK, Camat, Panglima laot lhok beserta ratusan nelayan yang dilanjutkan dengan makan bersama.[]

Penulis : Redaksi