Pemkab Nagan Raya Susun Tahapan Pilchiksung Serentak 2021

Pemkab Nagan Raya Susun Tahapan Pilchiksung Serentak 2021
Kepala DPMGP4 Nagan Raya Rahmattullah,S.STP M.Si

SUKA MAKMUE, AcehEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya sedang menyusun tahapan pemilihan keuchik secara langsung (Pilchiksung) serentak pada Desember 2021.

Penyusunan itu dilakukan Pemkab setempat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya.

Kepala DPMGP4 Rahmattullah,S.STP M.Si mengatakan, sebanyak 178 dari 222 keuchik di Nagan Raya habis masa jabatan secara bertahap di tahun 2021 ini.

Jadi, untuk mengisi jabat keuchik yang kasong, nantinya akan dijabat oleh Sekrataris Gampong atau Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Pejabat (Pj) keuchik sampai selesai Pilchiksung serentak pada Desember 2021 dan pelantikan keuchik terpilih.

“Pj keuchik ini diprioritaskan kepada Sekrataris Gampong setempat, kemudian baru Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Rahmattullah, kepada AcehEkspres.com, Rabu, 9 Juni 2021.

Hal itu sesuai UU Desa No 6 tahun 2014 dan qanun Aceh No 4 tahun 2009 tentang pengangkatan dan pemberhentian Keuchik, bahwa Pj Keuchik diantaranya Sekrataris Gampong dan Pejabat pemerintah Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kita lagi menyusun tahapan Pilchiksung serentak ini, tentunya dalam tahapan nanti ada masa kampanye yang di laksanakan, tetapi untuk debat kandidat kita belum membahas hal itu," kata Rahmattullah.[]

Editor: