Petugas Damkar Selamatkan Rumah Warga Terbakar di Peudada Bireuen

Petugas Damkar Selamatkan Rumah Warga Terbakar di Peudada BireuenRahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Petugas Damkar menyiram memadamkan api kebakaran di rumah Salamiah Dusun Beurandeh, Gampong Meunasah Alue, Kecamatan Peudada, Bireuen, Rabu siang, 14 April 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Sejumlah warga dan petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen dapat menyelamatkan satu rumah warga terbakar di Dusun Beurandeh, Gampong Meunasah Alue, Kecamatan Peudada, Rabu siang, 14 April 2021.

Rumah kontruksi permanen terbakar pada bagian atapnya itu milik Salamiah,60, ditempati bersama cucunya Khairul Anna,18, dampak dari kebakaran itu korban mengalami kerugian materil.

Keterangan dihimpun AcehEkpres.com dari Malek,28, keluarga korban dan juga Safruddin,67, mantan kepala Dusun Meurandeh, di TKP mengatakan. Belum diketahui asal usul api kebakaran itu.

Kata Malek, tiba-tiba saja warga dan pemilik rumah terkejut begitu mengetahui kondisi atap dapur dari daun rumbia dan plafon belakang rumah sudah terbakar, kobaran api dari dalam loteng menjalar ke plafon samping barat rumah.

Selanjutnya warga berusaha menyiram kobaran api, dan juga meminta bantuan ke petugas pemadam kebakaran di Kota Bireuen dan tidak lama berselang tiba dilokasi kejadian.

"Belum tau dari mana asal api, saat kami lihat api sudah membesar dari dalam atap belakang dan samping rumah," kata Malek 

Salamiah didampinggi cucunya dan ibu-ibu warga setempat kepada AcehEkpres.com mengatakan, tidak tahu dari mana api kebakaran itu, kobaran api awalnya dilihat warga muncul dari atap bagian belakang rumah.

Amna saat itu  lagi cuci piring dihalaman depan rumah, sedangkan nenek Salamiah kondisinya sakit sulit berjalan, sedang di dalam kamar, tiba-tiba terjadi kebakaran lalu diselamatkan warga ke luar rumah.

Sementara itu, pantauan AcehEkpres.com, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Posko Induk Kota Bireuen, Selasa 14 April 2021 pukul 14:25 WIB dikerahkan ke lokasi kejadian berada belasan kilometer ke barat dari pusat Kota Bireuen.

Setiba di TKP, petugas Damkar langsung seberang alur sungai menuju lokasi rumah korban dan turut melakukan penyiraman beberapa saat ke bagian atap karena dikhawatirkan masih ada sisa-sisa api.[]