HUT AcehEkspres.com ke 3

Polandia Lockdown, 18 WNI Dipulangkan

Polandia Lockdown, 18 WNI Dipulangkan
Polandia menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

JAKARTA, ACEHEKSPRES.COM - Sebanyak 18 warga negara Indonesia (WNI) di Polandia dipulangkan ke Indonesia di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang kian meluas di Eropa.

Pemulangan ke-18 WNI difasilitasi tiga Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Eropa. Berdasarkan keterangan KBRI Den Haag, ke-18 WNI itu di antaranya 17 pekerja migran yang berada di Polandia dan satu mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan S2 di Kota Dorm Poznan, Polandia.

"Kepulangan 18 orang WNI dimaksud terpaksa dilakukan karena adanya kebijakan lockdown sejak tanggal 15 Maret 2020 yang dilakukan oleh Pemerintah Polandia," bunyi pernyataan tertulis KBRI Den Haag yang diterima awak media, Sabtu 18 April 2020.

Atas dasar itu, perwakilan RI di Warsawa, Polandia langsung menampung ke-18 WNI itu sejak, Kamis lalu 9 April 2020.

Proses pemulangan WNI ditempuh menggunakan transportasi darat dari Polandia ke Belanda via Jerman. Sebab, tiket pesawat yang mereka beli pada Minggu 12 April 2020 dibatalkan oleh pihak maskapai KLM karena penutupan bandara di Jerman bagi maskapai tersebut.

Menurut KBRI Den Haag, para WNI menempuh perjalanan selama 5 jam dengan jarak tempuh 520 Km dari kota Warsawa ke kota Kustryn, Polandia Barat pada Rabu 16 April 2020.

Kemudian, di hari yang sama, mereka melanjutkan perjalanan menuju kota Osnabruck Hbf, Jerman selama 4,5 jam dengan jarak tempuh 512 Km.

Di Jerman, para WNI tersebut langsung ditangani oleh KBRI Berlin untuk persiapan kelanjutan perjalanan darat.

Para WNI tersebut kemudian menggunakan kereta api dari Osnambruc Hbf menuju bandara internasional Schiphol, Belanda.

Setelah tiba di bandara internasional Schiphol di Belanda, para WNI langsung ditangani KBRI Den Haag. Hasil sementara pemantauan KBRI Den Haag, para WNI tampak sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala yang mengindikasikan memiliki masalah kesehatan.

Setelah bermalam di Belanda, pada Jumat 17 April 2020, para WNI tersebut bertolak ke Indonesia dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

"Pemulangan ke-18 WNI dari Polandia tersebut berhasil dilaksanakan dengan lancar dan baik berkat kerja sama yang erat dan koordinasi yang baik antara KBRI Warsawa, KBRI Berlin dan KBRI Den Haag," kata pernyataan tersebut.

Berdasarkan data WHO, hingga Jumat 18 April 2020 kasus positif corona di Polandia mencapai 7.918 dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 314 orang.[]

Sumber: CNN Indonesia