Puluhan Warga Bireuen Dibekali Cara Membuat Kue

Puluhan Warga Bireuen Dibekali Cara Membuat KueAcehEkspres.com/Rahmat Hidayat
Para peserta tengah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Beunyot Kecamatan Juli Bireuen, Rabu pagi, 9 Juni 2021.

BIREUEN, AcehEkpres.com - Puluhan pemuda dan pemudi sejumlah gampong di Kabupaten Bireuen mengikuti pelatihan keterampilan, dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Bireuen, di Gampong Beunyot, Kecamatan Juli.

Kepala UPTD BLK Juli, Drs Muntasir kepada AcehEkspres.com menjelaskan, ada empat bidang keterampilan sedang berjalan saat ini dan telah memasuki hari kedua masing-masing diikuti 16 peserta.

"Pelatihan pengolahan makanan jurusan kue dan roti, digelar 20 hari, pemasangan listrik bangunan sederhana selama 35 hari, pembuatan desain grafis 42 hari, dan menjahit pakaian dengan mesin 35 hari," kata Muntasir didampingi Instruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Abdullah ST, Rabu, 9 Juni 2021.

Dikatakan pelatihan melibatkan sejumlah instruktur khusus di BLK Juli, peserta selama ikuti pelatihan diberikan konsumi, uang saku, pakaian dan perlengkapan kerja.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih masyarakat usia pencari kerja memiliki keterampilan sesuai kebutuhan mereka, dan selesai nantinya mampu bekerja serta membuka usaha sesuai bidang keahlian masing-masing," katanya

Pantauan AcehEkspres.com peserta ikuti pelatihan diruangan terpisah, seperti listrik bangunan sederhana peserta pertama-tama sekali diberikan pemahaman terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) oleh Mahfudzillah AMd, instruktur elektronika dan teknisi Handphone (Hp).

Instruktur peserta pelatihan pengolahan makanan jurusan kue dan roti, Sri Agustina mengatakan, peserta diajarkan tata cara mengolah dan praktek membuat beragam bentuk kue dan roti manis, dan selesai pelatihan bisa membuka usaha.

Peserta di ruang pelatihan menjahit pakai mesin, diajarkan tatacara buat pakaian dari proses awal, menjahit pakaian. Begitu juga peserta desain grafis tengah mengikuti tahapan pelatihannya.[]

Editor: