Rumah Sakit Jeumpa Hospital Bireuen Kantongi Izin IMRS dan IOPRS

Rumah Sakit Jeumpa Hospital Bireuen Kantongi Izin IMRS dan IOPRSRahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Kepala DPMPTSP Bireuen, Bob Miswar, SSTP MSi menyerahkan IMRS dan IOPRS kepada Dewan Pengawas RS Jeumpa Hospital, dr Nova Roslita, Sp.OG di kantor DPMPTSP  setempat, Jumat siang, 7 Mei 2021.

BIREUEN, AcehEkspres.com - Rumah Sakit Jeumpa Hospital Bireuen, jalan Medan-Banda Aceh, di Gampong Geulanggang Baro, Kecamatan Kota Juang, mengantongi dua izin sekaligus.

Izin Mendirikan Rumah Sakit (IMRS) dan Izin Operasional Rumah Sakit (IOPRS), diserahkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bireuen Bob Miswar, S.STP MSi,

kepada Dewan Pengawas RS Jeumpa Hospital, dr Nova Roslita, Sp.OG, dan Direktur dr Masnawati didampinggi Manajer Umum, Bisnis, dan Keuangan, Rahma Yanti SE,Ak, di kantor DPMPTSP, Jumat siang, 7 Mei 2021.

Kepala DPMPTSP Bireuen, Bob Miswar, kepada AcehEkspres.com, mengatakan, penyerahan Izin IMRS dan Izin IOPRS menjadi bagian dari pemenuhan syarat atau komitmen untuk mendapatkan izin operasional.

Miswar menjelaskan, Rumah Sakit tipe C pertama mendapat izin mendirikan rumah sakit, setelah sebelumnya Rumah Sakit Avicenna tipe D juga mendapat izin tersebut.

“Dengan ada izin operasional dan dilengkapi izin mendirikan rumah sakit, Rumah Sakit Jeumpa Hospital memiliki komitmen yang kuat, sekaligus tekad untuk memperbaiki layanan, dan menyediakan layanan kesehatan terbaik,” kata Miswar

Sehingga dapat memberi dampak positif bagi upaya pemenuhan layanan kesehatan di Bireuen, khususnya juga menyediakan layanan spesial, seperti Unkologi, nanti masyarakat Bireuen dan kabupaten/kota tetangga bisa dilayani di Rumah Sakit Jeumpa Hospital, tidak lagi harus jauh-jauh berobat ke Ibukota Provinsi Aceh.

Miswar berharap bagi rumah sakit lainnya di Bireuen, dengan adanya surat edaran dalam menindaklanjuti Permenkes Nomor 3 tahun 2020, agar dapat sesegera mungkin melakukan pengurusan IMRS sekaligus IOPRS yang sesuai ketentuan peraturan tersebut.

"Sehingga dapat memiliki legalitas yang maksimal dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat di Kabupaten Bireuen," ujar Miswar.

Komit Menambah Lima Pelayanan Baru

Direktur Rumah Sakit Jeumpa Hospital, dr Masnawati kepada AcehEkspres.com mengatakan, Rumah Sakit Jeumpa Hospital berterimakasih kepada Pemkab Bireuen dan DPMPTSP, sudah memberikan kepercayaan untuk tetap menyandang status rumah sakit tipe C di Bireuen.

"Alhamdulillah dalam proses pengurusan izin kita berjalan dengan lancar sehingga rumah sakit tetap bisa memberi pelayanan dan operasi tetap berjalan tanpa adanya hambatan," tutur dr Masnawati.

Kata dia, sebagai upaya untuk mempertahankan status tipe C itu sendiri, ada syarat-syarat yang harus di penuhi dari Kementerian Kesehatan yaitu penambahan beberapa bidang pelayanan.

"Kita rencana menambah pelayanan bidang Kardiologi, Ortopedi, Ongkologi dalam tiga sampai empat tahun ke depan, Insya Allah kita lakukan secara bertahap," kata Direktur.[]

Editor: