HUT AcehEkspres.com ke 3

Sambut Ramadhan, Pelajar Cot Buket Ikuti Lomba Bernuansa Islami 

Sambut Ramadhan, Pelajar Cot Buket Ikuti Lomba Bernuansa Islami Foto: Istimewa
Aishwa Nahla

BIREUEN, AcehEkspres.com – Sebanyak 80 pelajar tingkat SD dan SMP warga Gampong Cot Buket, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, mengikuti perlombaan bernuansa islami di Meunasah setempat.

Kegiatan perdana dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriah tahun 2021. Dimulai sejak Sabtu malam, 3 April dan akan berakhir Rabu malam, 7 April 2021.

“Lomba bernuansa islami itu saat ini telah memasuki babak final,” kata ketua panitia Bakhtiar Abdullah kepada AcehEkspres.com, Senin malam, 5 April 2021.

Menurutnya, para peserta lomba ini juga merupakan santri ditiga balai pengajian di Cot Buket, yaitu balai pengajian Darul Thalibin pimpinan TgK Syarbawi, balai pengajian Bi'rul Ulum pimpinan Tgk Ainsyah, dan balai pengajian Ustazah Nur Antiah Abdullah.

Adapun lomba cabang perlombaan tingkat SD antara lain lomba azan, hafalan ayat pendek, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), cerdas cermat, sedangkan peserta SMP cabang MTQ, cerdas cermat, dengan total peserta SD/SMP 80 orang.

Kata Bakhtiar untuk tingkat SD setiap cabang juara dipilih lima juara yaitu juara I sampai harapan II, dan tingkat SMP juara I sampai juara III. Perlombaan ini baru pertama digelar dan dibiayai dana bantuan dua anggota DPRK Bireuen.

Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan selanjutnya diharapkan dapat dibiayai dengan dana desa, dan melalui kegiatan ini juga dapat menyiapkan peserta untuk mengikuti perlombaan jika ada digelar di Kecamatan Peusangan.

“Melalui perlombaan ini juga diharapkan dapat mempererat silaturahmi anak-anak antara balai pengajian dan juga anak-anak Gampong Cot Buket sudah terbiasa dan memiliki pengalaman mengikuti lomba.

Rangkaian perlombaan itu hampir selesai, untuk cerdas cermat SMP Senin malam 5 April sudah masuk babak final, dan untuk final cerdas cermat SD digelar Selasa malam 6 April, pembagian hadiah juara Rabu malam 7 April 2021,” kata Bakhtiar Abdullah.[]