HUT AcehEkspres.com ke 3

Sambut Ramadhan, Pemkab Bireuen Bersihkan 185 Masjid

Sambut Ramadhan, Pemkab Bireuen Bersihkan 185 MasjidRahmat Hidayat/AcehEskpres.com
Kadis Syariat Islam Bireuen, Anwar, SAg MAP

BIREUEN, AcehEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen dijadwalkan akan membersihkan 185 Masjid di 17 kecamatan di daerah itu, Rabu pagi, 7 April 2021. 

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, SAg MAP kepada AcehEkspres.com, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan mengelar gotong-royong massal mulai dari Masjid Agung, Masjid Besar dan Masjid Jamik.

Menurutnya, pelaksanaan gotong-royong sudah ada surat undangan dari Bupati Bireuen ditunjukkan kepada camat, imum mukim, imum syiek masjid, keuchik, melibatkan SKPK, TNI-Polri, pegawai dan masyarakat.

Selain itu, kaat Anwar, BUMN/BUMD, unit kerja pemerintah vertikal lainnya untuk melaksanakan gotong royong di masjid besar kecamatan masing-masing mengikutsertakan seluruh pegawai pada unit kerjanya. 

Para Imum Mukim, Imum Syiek Masjid dan Keuchik melaksanakan gotong royong pada Masjid Jami’/Gampong wilayah taslim masing-masing mengikutsertakan perangkat gampong/mukim, masyarakat dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Untuk tingkat Kabupaten Bireuen, lokasi di Masjid Agung Sultan Jeumpa. Masing-masing Dinas, Badan, Setwan, Sekretariat untuk mengikutsertakan seluruh pejabat eselon III di lingkungan unit kerjanya,” kata Anwar, Selasa, 6 April 2021.

Khusus Kodim, Bataliyon 113 RK/JS, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH agar mengikutsertakan satu regu personil untuk membantu kelancaran gotong royong. Seluruh peserta gotong royong diharap membawa perlengkapan kerja.

Anwar juga menambahkan setiap menjelang bulan suci Ramadhan masyarakat di Bireuen rutin melaksanakan gotong-rotong baik membersihkan masjid dan Meunasah dilingkungan masing-masing.

“Melalui gotong-royong massal ini diharapkan dapat melestarikan budaya gotong-royong dalam masyarakat Bireuen, dan di saat bulan suci Ramadhan kondisi lingkungan masjid sudah bersih, indah dan nyaman,” kata Anwar.[]