Tiga Gampong di Bireuen Belum Ajukan Pencairan DD Tahap I

Tiga Gampong di Bireuen Belum Ajukan Pencairan DD Tahap IRahmat Hidayat/AcehEkspres.com
Kepala DPMGPKB Bireuen, Mulyadi, SH

BIREUEN, AcehEkspres.com – Sebanyak tiga dari total 609 gampong tersebar di 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen belum mengajukan usulan untuk pencairan dana desa tahap I ke Pemkab setempat, sampai Jumat, 4 Juni 2021.

"Di Bireuen ada 609 gampong, yang sudah menerima dana desa 605 gampong, satu gampong Cot Unoe, Kecamatan Kuala, lagi proses pencarian di KPPN Lhokseumawe,

untuk tiga gampong lagi belum diajukan karena belum selesai APBG sebab adanya permasalahan internal di gampong," kata Kepala DPMGPKB Bireuen, Mulyadi,SH.

Lebih lanjut dijelaskan, tiga gampong itu adalah Meunasah Barat, Kecamatan Simpang Mamplam, Karieng, Kecamatan Peudada dan Cot Leusong, Kecamatan Jeumpa. Untuk Cot Leusong dalam proses pembentukan tuha peut baru dan akan ada pejabat (Pj-red) nantinya.

Hal ini untuk mempercepat proses dana desa dan penunjukan Pj itu juga harus ada legalitas tuha peut baru dan sedang di proses di DPMGPKB. "Bagi tiga gampong ini dalam waktu dekat akan saya fasilitasi untuk penyelesaian persoalan internal digampong itu," kata Mulyadi.

Sudah 293 Gampong Usul DD Tahap II

Sedangkan proses pencairan dana desa tahap ke II tahun 2021, sebesar 20 persen sudah ada 293 gampong mengajukan usulan kepada DPMGPKB dalam proses di BPKD dan diajukan pencarian ke KPPN Lhokseumawe, dan 316 gampong belum ajukan usulannya.

"Kami dari tanggal 17 Maret 2021 sudah mengirim surat ke gampong untuk dapat menyiapkan usulan dana desa tahap II, hari ini yang sudah mengajukan dokumen ke DPMGPKB dan BPKD 293 gampong," jelas Kepala DPMGPKB.

"Kami harapkan pemerintah gampong agar terus bekerja ekstra, mengajukan pencairan dana desa tahap ke II, supaya dapat merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang ke enam bagi keluarga penerima manfaat," kata Mulyadi.[]

Editor: