Tim Nilai 10 Program Pokok TP-PKK Kecamatan Darul Makmur

Tim Nilai 10 Program Pokok TP-PKK Kecamatan Darul MakmurIbrahim Istra/AcehEkspres.com
Tim menilai program pokok TP-PKK Gampong Panton Bayu, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, yang berlangsung di halaman Kantor Keuchik setempat, Sabtu, 5 Juni 2021.

SUKA MAKMUE, AcehEkspres.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nagan Raya melakukan penilaian terhadap sepuluh program pokok TP-PKK Gampong Panton Bayu, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya yang berlangsung di halaman kantor keuchik setempat, Sabtu, 5 Juni 2021.

Kegiatan dimasa pandemi COVID-19 tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti mengunakan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan jauhi kerumunan.

Dengan harapan Gampong Panton Bayu bisa terpilih mewakili Nagan Raya untuk mengukuti perlombaan sepuluh program pokok TP-PKK tingkat Provinsi Aceh nantinya.

Ikut hadir Ketua TP PKK Nagan Raya Hj Marwati Ibnu Ali, Sekretaris TP PKK Nagan Raya Hj Siti Zaidar, para pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan dan Gampong.

Selain itu, hadir juga Camat Darul Makmur Tawaruddin,S.Sos Keuchik Gampong Panton Bayu Alamsyah, Sekretaris Gampong Tulus, parangkat Gampong Lainnya termasuk Tahu Peut Gampong Panton Bayu.

Kehadiran pengurus PT PKK Nagan Raya yang juga tim penilai kegiatan sepuluh program pokok TP-PKK itu disambut dengan Tari Ranup Lampuan merupakan salah satu produk seni budaya Aceh yang sangat fenomenal.

Ketua TP PKK Nagan Raya Hj Marwati Ibnu Ali, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi sesama anggota PKK sekaligus pembinaan dan penilaian terhadap 10 program pokok PKK di Gampong Panton Bayu, kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak PKK harus terus berupaya melaksanakan tugas dan fungsi utamanya yakni, memberdayakan dan mensejahterakan keluarga melalui 10 Program Pokok PKK,” kata Marwati Ibnu Ali didampingi Sekretaris-nya, Hj Siti Zaidar.

Selain itu Gampong Panton Bayu ini juga diharapkan siap menjalankan dengan baik ke 10 program pokok PKK ini, Marwati meminta kepada kelompok kerja (Pokja) agar fokus menjalankan program kegiatan yang sudah dirumuskan bersama.

Marwati menyebutkan pihaknya tidak bisa bekerja tanpa campur tangan ibu-ibu Ketua PKK di tingkat  gampong dan Kecamatan. “Yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di gampong adalah ibu-ibu semua,” kata Marwati

Karena, ke 10 program pokok PKK ini di rumuskan dengan pembagian Pokja. Harapan nya, semua program bisa dilaksanakan, sesuai perencanaan, serta juga tim PKK kecamatan diharapkan dapat melakukan pembinaan ke PKK tingkat Gampong.

Karena itu, PKK sebagai sebuah gerakan nasional harus berjalan searah hingga ke tingkat terendah yaitu gampong. Dengan itu tujuan pemberdayaan dan menyejahterakan keluarga bisa terselenggara.

Marwati berharap kaum perempuan selain menjadi ibu rumah tangga di rumah, juga harus bisa menjadi penggerak PKK gampong, serta terus membina para kader. Para kader inilah yang nanti bekerja dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

“Libatkan diri secara aktif. Jika ibu sebagai ketua aktif membina kader, tentu partisipasi masyarakat akan meningkat,” kata Marwati

Disamping itu dirinya juga menjelaskan kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda Aceh dan dunia membuat pendanaan yang terbatas, pengurus PKK hendaknya dapat menciptakan program yang bernilai ekonomi. Manfaatkan setiap dana dari pusat, seperti dana desa, dengan seefektif mungkin untuk pemberdayaan ekonomi.

“Dimasa pandemi COVID-19 ini kami mengajak masyarakat untuk tetap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah dengan mengunakan masker ketika keluar rumah, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan jauhi kerumunan,” kata Marwati.

KetuaTP PKK Kecamatan Darul Makmur, Lilis Suryani,SPd mengatakan, dari 40 Gampong dalam Kecamatan itu, Panton Bayu terpilih sebagai Gampong pembinaan 10 program pokok PKK.

“Dalam pembinaan 10 program pokok PKK, diharapkan gampong ini kedepan lebih baik lagi peningkatan perokonimiannya. Selain itu, saat ini kita tau gampong-gampong di daerah Darul Makmur jalan-nya sudah banyak yang teraspal, ini sebuah keberhasil seorang pemimpin,” kata Lilis.[]

Editor: