HUT AcehEkspres.com ke 3

Waduh! WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi Setelah 15 Mei?

Waduh! WhatsApp Tak Bisa Dipakai Lagi Setelah 15 Mei?
Foto: Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs

JAKARTA - Peringatan telah dikeluarkan untuk pengguna WhatsApp. Melansir Cambridge-News, beberapa pengguna kemungkinan tak akan bisa lagi membaca atau mengirim pesan setelah 15 Mei 2021.

Aplikasi ini akan memperbarui syarat dan ketentuan penggunaannya. Sebelumnya langkah ini sempat ditunda awal tahun ini karena kekhawatiran data pengguna akan dibagikan ke jejaring aplikasi milik Facebook itu.

Pengguna yang tak menyetujui persyaratan dan ketentuan aplikasi dikatakan masih bisa menerima panggilan dan pemberitahuan. Tapi pengguna tak akan bisa mengirim pesan.

Meski demikian, akan ada kesempatan untuk pengguna menyetujui syarat WhatsApp. Jika semua ketentuan telah terpenuhi, fungsi pesan akan dipulihkan. Tapi jika tak sesuai, akun akan dihapus setelah 120 hari.

"Untuk memberi Anda cukup waktu guna meninjau perubahan dengan kecepatan dan kenyamanan Anda sendiri, kami telah memperpanjang tanggal efektif menjadi 15 Mei," kata WhatsApp ditulis website tersebut, dikutip, Sabtu, 27 Februari 2020.

"Jika Anda belum menerimanya, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda."

Akibat ketentuan baru WhatsApp tersebut, Januari lalu sejumlah media melaporkan kenaikan pada pengunduhan aplikasi saingan WhatsApp, seperti Signal dan Telegram. Ini telah membuat WhatsApp memberi klarifkasi dan menunda langkah itu.

"Sebagian besar dari kita tidak membaca syarat dan ketentuan sebelum menerima pembaruan dan melanjutkan menggunakan perpesanan atau aplikasi lain," kata pengamat teknologi Dr Bill Mitchell, direktur kebijakan dari BCS, The Chartered Institute for IT.

"Sangat penting untuk memiliki transparansi dan komunikasi yang jelas dari perusahaan teknologi tentang cara mereka mengumpulkan, menyimpan, berbagi, dan memproses data kami untuk memahami preferensi kami dan mengantisipasi pilihan kami."[]

Sumber : CNBC Indonesia