HUT AcehEkspres.com ke 3

Warga Nagan Raya Tertangkap Sabu di Abdya Terancam Pidana Mati

Warga Nagan Raya Tertangkap Sabu di Abdya Terancam Pidana Mati
Tersangka pengedar sabu berinisial JA (34) warga Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya menjalani perawatan di RSUTP) Abdya, Selasa 16 Juni 2020. [T.Kairul Rahmat Hidayat/Acehekspres.com]

BLANGPIDIE, ACEHEKSPRES.COM - Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) membekuk satu pelaku diduga pengedar narkotika jenis sabu berinisial JA (34), pria warga Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat yang sudah merasa resah dengan seringnya terjadi tsansaksi narkoba di daerah itu.

Kemudian petugas melihat mobil jenis Toyota Avanza warna putih dengan nomor polisi BK 1119 EP dan melakukan pengejaran, selanjutnya pelaku berhasil ditangkap di daerah Gampong Gelanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Abdya.

"Setelah mendapatkan informasi keberadaan mobil tersebut, Tim Sat Resnarkoba langsung melakukan pengejaran terhadap tersangka pelaku pengedar narkoba," kata Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, Selasa 16 Juni 2020.

Penangkapan tersebut bak sebuah adegan film action hollywood saja, karena pelaku yang mengendarai mobil pribadi jenis Toyota Avanza warna putih dengan nomor polisi BK 1119 EP sempat kejar-kejaran dengan Tim Sat Resnarkoba Polres Abdya, Senin 15 2020 sekira pukul 13:00 wib.

Awalnya, petugas berusaha untuk melakukan penangkapan dan memperingatkan pelaku untuk berhenti, namun pelaku berusaha melarikan diri dengan mempercepat laju mobil yang dikendarainya, sehingga terjadi kejar-kejaran antara pelaku dan Tim Sat Resnarkoba Polres Abdya.

"Saat terjadi kejar-kejaran tersebut, mobil pelaku mengalami kecelakaan dengan terbalik, tim langsung menghampiri pelaku dan selanjutnya melakukan penangkapan," ujar AKBP Muhammad Nasution

Setelah dilakukan penangkapan terhadap tersangka, Tim Sat Resnarkoba Abdya melakukan penggeledahan dan berhasil mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu.

"Tim melakukan penggeledahan dan menemukan 12 bungkus paket sabu dengan berat 31,81 gram beserta alat timbang yang disimpan dalam tas sandang warna hitam yang digunakan pelaku, selain itu petugas juga mengamankan uang sebesar 297 ribu dan satu unit handphone," jelasnya.

Nasution menambahkan, tersangka yang mengalami luka akibat kecelakaan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, sementara Barang Bukti (BB) diamankan ke Polres Abdya.

"Palaku dibawa ke Rumah Sakit Umum Teuku Peukan (RSUTP) Abdya untuk pengobatan luka akibat kecelakaan mobil yang dialaminya, sedangkan BB sabu diamankan ke Mapolres Abdya guna penyelidikan lebih lanjut," kata Nasution.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 112 ayat (2) Sub Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 115 ayat (2) UU RI NO. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.[]